BULETIN PIKSILASI EDISI III

 423 kali dilihat

Piksilasi Edisi 3, Menikmati dan Memaknai Seni

Setelah dua edisi yang lalu kami memilih, mengangkat, dan mengeksekusi isu-isu yang tergolong cukup berat, berbeda pada edisi kali ini yang akan menampilkan keindahan seni dan fiksi yang diabadikan melalui lensa kamera lalu ditangkap oleh setiap pasang mata yang berbeda-beda pun dengan makna yang berbeda-beda pula.

Tentu, setiap karya seni memiliki makna serta interpretasinya masing-masing. Baik dari seniman maupun dari sudut pandang penikmat seni itu sendiri. Penciptaan karya seni tentu tidak lepas dari tujuan diciptakannya, karena karya seni tanpa tujuan bukanlah karya seni melainkan karya estetik saja. Seni adalah ungkapan manusia melalui ekspresi dan penghayatan batin yang kuat. 

Maka dari itu, tetaplah tujuan karya seni tidak lain dan tidak bukan sebagai ekspresi manusia untuk mencurahkan dan ide yang dimilikinya atau dengan kata lain sebagai ekspresi pribadi yang merupakan ungkapan emosional terdalam yang diwujudkan dalam simbol-simbol rupa. Sebuah karya seni juga dibuat sebagai media seseorang untuk mengkritik suatu fenomena yang mengandung satir-satir dan nilai sarkasme yang akan menyindir hal-hal yang dinilai kurang tepat. 

Manusia menciptakan karya seni juga sebagai aktualisasi diri sebagai upaya untuk membangun eksistensi pribadi melalui ungkapan-ungkapan atau simbol-simbol yang estetis yang dapat dinikmati oleh jutaan pasang mata yang ingin menikmatinya. Dan tujuan dari seni yang tak kalah pentingnya yaitu sebagai eksperimentasi yang merupakan proses pencarian dan percobaan mengolah berbagai unsur rupa dengan bermacam-macam media untuk memperoleh keorisinilan karya seni.

Namun, tak jarang juga karya seni diciptakan untuk meningkatkan keindahan dari suatu tempat dan atau beralih fungsi sebagai dekorasi semata. Di kalangan umat-umat beragama tertentu, karya seni juga dibuat khusus untuk melakukan suatu ritual kepercayaan atau sebagai media beribadah.

Jadi, di sini kami akan menyajikan sebuah atau mungkin beberapa buah karya seni yang diiringi juga dengan satu dua buah narasi untuk dinikmati dan dimaknai setiap karya seni yang ada di Bulletin ini.

Baca Buletin Piksilasi Edisi III melalui halaman situs ini atau unduh buletin secara cuma-cuma dengan mengakses tautan ini. Selamat membaca.

Jika anda membaca melalui ponsel, swipe ke samping untuk menuju halaman selanjutnya.

Tulis dan Kabarkan!
———————————
Instagram dan Twitter: @lpmkavling10
LINE: @taz3417q
Alamat Surel: onlinekavling10@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.