Sumber: Andi Pradona

MALANG, KAV.10 Universitas Brawijaya semakin dekat dengan Pemilihan Rektor (Pilrek) yang akan dilaksanakan pada (21/05) tahun ini. Berbeda dengan Pilrek tahun 2018 lalu, pada periode ini rektor juga dipilih oleh lembaga Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Brawijaya dengan melibatkan banyak unsur seperti kemendikbud, tokoh masyarakat, senat akademik universitas, rektor, dosen, alumni, dan mahasiswa.

Menurut pasal 32 ayat (8) dalam PP No. 108 Tahun 2021 tentang PTN-BH Universitas Brawijaya, diterangkan bahwa unsur mahasiswa dalam MWA akan diwakilkan oleh pemimpin lembaga Eksekutif Mahasiswa di tingkat universitas.

Sebagai wakil dari suara mahasiswa Universitas Brawijaya nantinya, Nurcholis Mahendra selaku presiden Eksekutif Mahasiswa Universitas Brawijaya menyatakan keseriusannya dalam mengawal isu Pilrek ini melalui program yang telah digagas EM bersama BEM Fakultas untuk menampung suara dan aspirasi mashasiswa Universitas Brawijaya.

“Saat ini EM bersama dengan BEM Fakultas pertanggal ini sedang menyebarluaskan survei kepada seluruh mahasiswa sebagai bentuk evaluasi dalam mengulik permasalahan yang saat ini terjadi dan juga menyusun beberapa saran yang akan diberikan kepada calon rektor terpilih nanti nya”, jelas Enda saat diwawancarai awak Kavling10 Sabtu, (07/05) lalu.

Tidak adanya proses penyerapan aspirasi masyarakat Universitas Brawijaya dalam linimasa kegiatan Pilrek tahun ini lantas mendasari terbentuknya jaringan aspirasi lingkar kastrat dan menyeluruh kepada mahasiswa secara umum melalui survei tersebut,

Dalam postingan Instagram @EM_UBOFFICIAL tanggal 25 april lalu, Kementerian Kebijakan Kampus Eksekutif Mahasiswa Universitas Brawijaya 2022 mengajak seluruh mahasiswa UB untuk turut andil dalam jaring aspirasi ini.

Survei yang akan mengahasilkan evaluasi empat tahun masa jabatan Nuhfil nantinya diharapkan dapat membentuk rekomendasi kebijakan yang ditujukan kepada seluruh calon rektor. Enda juga menekankan bahwa pengawalan isu ini bukan hanya keseriusan dari EM saja tapi juga merupakan bentuk keseriusan dari seluruh mahasiswa UB.

Penulis: Lintang Pangesti
Editor: Alifiah Nurul Izzah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.