Sumber: Kavling10

MALANG, KAV.10 Fakultas Kesehatan (FIKES) UB yang diresmikan pada Desember 2021 lalu memang tergolong baru bila dibandingkan dengan fakultas lain yang ada di Universitas Brawijaya. Terdiri dari Departemen Gizi dan Keperawatan, saat ini FIKES memiliki lima Program studi yaitu Prodi Sarjana Keperawatan, Prodi Profesi Ners, Prodi Magister Keperawatan, Prodi Sarjana Gizi, dan Prodi Profesi Dietisien.

Menariknya, Inggita Kusumastuty selaku Wakil Dekan III FIKES UB menjelaskan bahwa sebenarnya Fakultas Kesehatan diusulkan sebagai Fakultas Keperawatan. “Tetapi dengan arahan pimpinan pada saat itu maka akan ada dua Departemen yang bergabung dalam pembentukan fakultas baru ini (FIKES, red.). Pada akhirnya dibentuklah Tim Adhoc Pembentukan Fakultas baru pada Januari 2020,”  jelasnya saat diwawancarai oleh awak Kavling10 (03/03).

Menjadi fakultas baru, program studi yang dimiliki FIKES sebenarnya sudah ada sebelum FIKES sendiri terbentuk. Jadi, hanya pengelolaannya saja yang sebelumnya masih harus difokuskan di Fakultas Kedokteran (FK) UB.

“Karena PS (Program Studi, red.) di FIKES ini bukan PS yang baru, maka persiapan untuk penerimaan mahasiswa baru masih sama seperti sebelumnya, tidak ada yang berbeda, hanya pengelolaannya ada di rumah baru yaitu Fakultas Ilmu Kesehatan,” tutur Inggita.

Beberapa pertanyaan yang sering terlontar adalah terkait bagaimana mekanisme penerimaan mahasiswa baru. Inggita menjelaskan bahwa FIKES terintegrasi dalam sistem informasi yang ada di UB dan dapat diakses melalui SELMA UB.

“Jalur seleksi untuk mahasiswa sarjana juga sesuai dengan kebijakan yang ada yaitu SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri dan Seleksi Alih Program,” tambahnya. Adapun untuk kuota daya tampung mahasiswanya sendiri masih mengacu pada kuota tahun sebelumya, 2021.

Selain itu, kelima program studi FIKES terbuka untuk pendaftaran mahasiswa baru FIKES pertengahan tahun nanti. “Insya Allah dalam waktu dekat kami akan membuka PS (Program Studi, red.) Magister Gizi,” jelas Inggita. 

Kendati demikian, sempat terdengar juga soal terbentuknya DPM FIKES, tapi perihal BEM FIKES saat ini masih bergabung dengan BEM FK. “Pembentukan BEM FIKES akan direncanakan mulai tengah tahun 2022. Bersamaan dengan rencana tersebut, BEM, DPM, dan LSO di FIKES dapat terbentuk pada di tahun 2023,” tutup Inggita. 

Penulis: Syefani Yuniza (Anggota Magang)
Kontributor: Yasmin Mulia Kurniawan (Anggota Magang)
Editor: Alifiah Nurul Izzah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.