Potert gedung Fakultas MIPA. Sumber: Kavling10

MALANG-KAV.10 Pelaksanaan praktikum di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) untuk sementara dilaksanakan secara daring. Hal ini menyusul Surat Edaran Rektor mengenai perkuliahan full daring yang dikeluarkan pada Jumat (11/02) lalu.

Pihak laboratorium menjelaskan meskipun sebelumnya sempat keluar Surat Edaran yang memperbolehkan praktikum untuk dilaksanakan secara luring, para praktikan dan asisten praktikum lainnya lebih memilih untuk melaksanakan praktikum secara daring.

“Kalau kemarin justru anak-anak (asisten praktikum dan mahasiswa/praktikan, red.) mintanya daring, saya tidak kalau tahu kalau di lab yang lain. Lab ini juga tidak hanya difungsikan untuk praktikum (tapi juga, red.) untuk penelitian, agar tidak ngumpul bareng-bareng di lab, mereka lebih prefer daring, dari pihak praktikan juga banyak yang tidak siap luring,” terang Koordinator Asisten Praktikum, Muhammad Faisal melalui Zoom Meeting, Senin (21/02).

Beliau menerangkan bahwa pihak laboratorium tetap melakukan praktikum semaksimal mungkin meskipun pelaksanaannya dilakukan secara daring. Koordinator Asisten Praktikum menjelaskan bahwa mereka memiliki tiga metode dalam melaksanakan praktikum daring ini. Pertama dengan memberikan penjelasan melalui Zoom Meeting kepada para praktikan. Kedua dengan mendemonstrasikan praktikum melalui video kemudian disebarkan kepada praktikan. Ketiga dengan menggunakan aplikasi Google Classroom sebagai wadah pengumpulan tugas.

Beliau mengaku tidak memungkiri bahwa pelaksanaan praktikum luring memang lebih efektif. Hal ini dikarenakan para praktikan bisa mempraktikkan secara langsung dengan alat-alat yang ada di laboratorium. Bahkan para praktikan dari angkatan tahun sebelumnya ada tidak tahu mengenai alat-alat laboratorium dari awal masuk.

Pihak dekanat FMIPA sendiri menyatakan bahwa kebijakan ini akan dinamis mengikuti kondisi nantinya. Keputusan untuk praktikum ditunggu satu atau dua minggu kemudian, jika nantinya ada perubahan maka berpotensi untuk dilakukan secara luring.

“Praktikum dari semester kemarin sudah kami persilakan untuk luring, sesuai kebijakan kepala lab masing-masing. Namun, tidak semua kepala lab juga yang memilih untuk luring, tergantung skala prioritas. Kebijakan penuh ada di kepala lab, karena akan berbeda-beda,” jelas Wakil Dekan 1 FMIPA, Nurjannah, S. Si. M. Si. Ph.D.Med.Sc saat dihubungi melalui WhatsApp, Senin (21/02).

Penulis: Della Amanda Putri (Anggota Magang)
Editor: Alifiah Nurul Izzah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.