Kegiatan PK2MFP UB Secara Daring. Foto: Istimewa

MALANG-KAV.10 PK2Maba Fakultas Pertanian (FP) Universitas Brawijaya diselenggarakan secara daring pada 21 – 22 Agustus 2021. Meski tahun ini merupakan tahun kedua diselenggarakannya PK2MFP secara daring, panitia masih mengalami kendala teknis pada aplikasi Zoom yang menyebabkan perubahan pada mekanisme pelaksanaan sesi kerohanian.

“Hal tersebut (kendala teknis, red) bisa terjadi karena kenaikan trafik pemakaian Zoom yang secara bersamaan. Sehingga banyak maba dan pemateri yang terpental dari breakout room,” ujar Vryzaz Elleana Ramadhani selaku Wakil Koordinator Divisi Acara POSTER FP 2021 saat diwawancarai Awak Kavling10, Minggu (22/8).

Mahasiswa yang akrab disapa Nana ini menuturkan bahwa sesi kerohanian yang seharusnya dilaksanakan pada hari pertama ditiadakan karena adanya kendala teknis yang menyebabkan mahasiswa baru keluar masuk room Zoom.

“Kami mengalami kendala dalam mobilisasi penggunaan breakout room Zoom sehingga meminimalisir kesalahan saat sesi kerohanian. Karena memerlukan peralihan Zoom dan breakout room juga demikian, kami memutuskan untuk memindahkan sesi kerohanian ke hari kedua dengan sistematis yang baru,” lanjut Nana.

Hal senada juga dituturkan oleh Indah Febri Nabilah selaku Koordinator Divisi DDM POSTER FP 2021 bahwa pada hari pertama pelaksanaan PK2MFP, terdapat ratusan mahasiswa baru dan beberapa fasilitator yang tidak dapat masuk ke breakout room.

“Karena pada hari itu bertepatan ada OSPEK fakultas se-universitas, yaitu ada 11 fakultas. Jadi sempat ada end meeting beberapa kali untuk meminimalisir kendala tersebut pada hari pertama,” ujar Indah saat dihubungi via Whatsapp, Minggu (22/8).

Saat ditanya mengenai siapa yang bertanggungjawab atas kendala tersebut, Nana dan Indah mengutarakan bahwa seluruh panitia POSTER FP 2021 yang bertanggungjawab.

Pergantian mekanisme pelaksanaan sesi kerohanian pada PK2MFP tahun ini dibenarkan oleh Made Wina Widhia Putri selaku Kakak Asuh Agama Hindu FP UB 2021. Wina menuturkan bahwa sesi kerohanian tahun ini diganti menjadi sesi doa bersama untuk pandemi.

“Jadi dikurangin durasi waktunya untuk sesi kerohanian. Kalau (di PK2MFP, red) tahun lalu ada dua hari, masing-masing sesi nya setengah jam saat teman-teman yang beragama Islam melakukan Ishoma,” ujar Wina ketika diwawancarai Awak Kavling10 via Google Meet (23/8).

Wina menuturkan bahwa doa bersama dilakukan di room utama Zoom tanpa menggunakan breakout room. Ia juga mengatakan bahwa sesi doa bersama berdurasi 10 menit.

“Kata panitia (POSTER FP 2021, red) hal tersebut dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan toleransi antar umat beragama,” tambahnya.

POSTER merupakan Program Orientasi Studi Terpadu Fakultas Pertanian UB. Kegiatan ini terdiri dari PK2Maba Fakultas, PPM (Pengembangan Potensi Mahasiswa), Open House UKM, serta Inagurasi.

Penulis: Oyuk Ivani Siagian
Kontributor: Octavio Aegis
Editor: Ranti Fadilah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.