Potret Gedung Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK). FotoL Izzul

MALANG-KAV.10 Pemilihan bakal calon Dekan FPIK yang sudah dimulai sejak 22 Maret 2021, dianggap tidak transparan oleh mahasiswa. Berdasarkan hasil polling di instagram yang dilakukan oleh BEM FPIK dua minggu lalu, diketahui bahwa mayoritas mahasiswa yang mengisi polling tersebut tidak mengetahui adanya pemilihan dekan.

“Seluruh informasi tentang Pildek sudah kami sampaikan di website FPIK UB. Hal ini bagian transparansi kami,” terang M Firdaus selaku Dosen sekaligus salah satu panitia Pildek FPIK saat diwawancarai via pesan Whatsapp pada Sabtu, (17/4).

Sementara, Geraldi Al Azzami selaku Presiden BEM FPIK mengatakan bahwa minimnya informasi di kalangan mahasiswa mengenai Pildek ini lantaran publikasi kegiatannya hanya dilakukan melalui website tersebut.

“Padahal seharusnya dapat disampaikan (juga, red) melalui himpunan atau lembaga (terkait, red) agar informasi timeline dapat sampai ke mahasiswa,” ujar Geraldi saat diwawancarai awak Kavling10 pada Minggu, (11/4).

Berdasarkan timeline, kegiatan Pildekan periode 2021 – 2025 telah berjalan hingga tahap penjaringan dan penghitungan suara pada hari Senin, 19 April 2021 ini. Setelah itu, masuk tahap pemilihan tingkat senat dan penyerahan hasil ke rektor hingga tahap pengangkatan.

Namun, hingga pukul 21.00 WIB, terpantau tidak ada update apapun mengenai proses Pildekan seperti yang tertera pada timeline. Baik di linimasa instagram @fpikub_official hingga website https://fpik.ub.ac.id/en/

Berita terakhir pada 19 April 21.00 WIB di web FPIK masih mengenai visi misi calon Dekan terpilih. Foto: istimewa

Di sisi lain, Geraldi menjelaskan bahwa sebelumnya BEM FPIK UB sudah memberikan kuesioner kepada mahasiswa FPIK sebagai wadah untuk merespons kinerja kepengurusan dekan sebelumnya. Sekaligus untuk memberikan evaluasi bagi calon dekan periode selanjutnya.

Nantinya, hasil kuesioner tersebut akan dibahas dalam forum diskusi bersama mahasiswa secara virtual.

“Saya rasa (melalui kuesioner tersebut, red) sudah dapat mewakili sebagian besar keresahan (mahasiswa, red) karena untuk pengisian kuesioner dihimpun per lembaga,” tegasnya.

Terpilihnya dekan baru periode 2021-2025 memberikan harapan besar bagi seluruh mahasiswa FPIK UB. Geraldi berharap agar dekan yang terpilih dapat meningkatkan fasilitas serta menghadirkan program pasca lulus untuk mengakomodir kemampuan mahasiswa yang sudah diemban selama masa perkuliahan.

“Tentunya membersamai kami di seluruh kegiatan kemahasiswaan adalah poin mutlak yang harus kami tagih nantinya semisal dekan baru terpilih,” jelasnya.

Tidak hanya memberikan harapan besar bagi mahasiswa, Firdaus pun berharap terpilihnya dekan periode 2021-2025 ini dapat membawa seluruh civitas academica dan FPIK UB menjadi salah satu Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan di Indonesia yang bereputasi dikancah Internasional.

Penulis: Ayuni Kusumawati
Kontributor: Isna Nurhaliza
Editor: Octavio Benedictus P. Ritung


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.