Foto : Tirto.id

MALANG-KAV.10 Universitas Brawijaya (UB) kembali menjadi pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Tahun 2021. Sehubungan dengan hal itu, UB telah mempersiapkan berbagai keperluan pelaksanaan meliputi ruangan, komputer, jaringan internet, hingga perangkat penunjang lainnya yang akan digunakan sesuai dengan kapasitas dari fakultas.

“UB mempersiapkan 17 lokasi di dalam kampus utama Jl. Veteran,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik,  Aulanni’am, saat diwawancarai awak Kavling10 beberapa waktu lalu. “Lokasi-lokasi itu dibagi lagi jadi 66 ruang di seluruh fakultas, Vokasi, INBIS (Inkubator Bisnis, red), serta Lab. TIK kantor pusat,” lanjutnya.

Kemudian untuk panitia pelaksana sendiri, Aulanni’am juga merincikan sebanyak 121 personel di bidang teknisi ruang admin TIK dan penanggung jawab TIK di lokasi, 438 personel di bidang pengawas, dan  terakhir 150 personel di bidang pembantu pelaksana.

“Jadi jumlahnya ada 709 staff pelaksana UTBK” jelasnya.

Saat pelaksanaan UTBK nantinya, UB tidak mensyaratkan peserta UTBK untuk memberikan hasil tes Covid. Meskipun begitu, seluruh peserta diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan dari LTMPT. Seperti pada tahun sebelumnya, jika peserta tidak memenuhi persyaratan dari LTMPT, maka peserta dianggap gugur.

Secara garis besar, protokol kesehatan yang diwajibkan sama seperti tahun lalu, yaitu mencuci tangan, mengukur suhu tubuh dan memakai masker medis.

Sedangkan, mengenai aturan lengkap pelaksanaan UTBK 2021 di UB sendiri telah tercantum dalam Pengumuman Pelaksanaan Ujian dan Tata Tertib Peserta UTBK Pusat UB 2021 dengan Nomor: 3666 /UN10.A01/PP/2021 yang dapat di akses pada situs web selma.ub.ac.id.

Menilik keberhasilan penyelenggaraan UTBK tahun lalu dengan jumlah yang diperoleh dari Timesindonesia.co.id sebanyak 19.859 peserta yang memilih pusat UTBK di UB, maka penyelenggaraan tahun ini seharusnya tidak menjadi masalah dan mampu terlaksana  dengan kesiapan yang jauh lebih matang.

Untuk jadwal pelaksanaan UTBK Tahun 2021, Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo, dilansir melalui Kompas.com, menegaskan UTBK tahun ini akan dilaksanakan dalam 2 gelombang, dimana gelombang pertama UTBK berlangsung pada 12 – 18 April 2021, dan gelombang kedua pada 26 April – 6 Mei 2021. Ia berharap pula agar para peserta memperhatikan berita yang disebarkan oleh media agar tidak termakan hoax mengenai pelaksanaan atau peraturan UTBK, dan menyarankan agar peserta hanya mengakses laman resmi LTMPT untuk mendapatkan informasi.

Penulis : Byllal Fajar Aristiadi & Nafisah Aulia Rachma

Editor : Priska Salsabila

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.