MALANG-KAV.10 Panitia PKKMaba FKG (Fakultas Kedokteran Gigi) tentukan buku panduan khusus maba sebagai syarat kelulusan. Buku panduan tersebut berisi syarat-syarat kelulusan, tugas-tugas maba dan pelanggaran sebagai ketentuan maba untuk memenuhi poin-poin yang diberikan oleh pihak panitia.

Ketua Pelaksana PKKMaba FKG Syaiful Anwar mengatakan bahwa selain mengikuti peraturan di buku panduan maba wajib untuk mengikuti dua syarat yang sudah ditentukan, dua syarat tersebut memiliki penilaian yang berbeda. Jika syarat tersebut tidak dipatuhi maka maba diwajibkan untuk mengulang tahun depan.

“Jadi, ada dua syarat yang harus diikuti syarat tersebut berisi tentang penilaian pengadilan dan penilaian dari pihak panitia. Penilaian pengadilan berisi 100 persen nilai keadilan, sedangkan penilaian kita berisi nilai-nilai kekeluargaan mahasiswa,” ujarnya.

Maba FKG Hayunanda Fadhila Rachmi mengaku belum tahu bagaimana sistem penilaian PKKMaba, tapi dengan menyelesaikan tugas yang sudah diberikan oleh panitia bisa menjadi indikator kelulusan ospek.

“Saya belum tahu, tapi menurut saya kalau mengerjakan sesuai tugas yang sudah diberikan, memakai atribut yang lengkap, dan datang tepat waktu mungkin itu salah satu penilaian PKKMaba,” ujar maba tersebut. Maba FKG Bagas Parulian Sitinjak juga menyetujui ketidaktahuan bagaimana sistem penilaian PKKMaba, ia menambahkan jika tidak mengikuti kententuan tersebut maka akan ada pengurangan nilai, “Saya juga belum tahu bagaimana sistemnya, mungkin jika tidak mengikuti atau melanggar kententuan mungkin ada hukumannya, pengurangan poin, dan bahkan bisa tidak lulus PKKMaba,” tambahnya.

Penulis: Ghani Makarim
Editor: Aprillia Tri Wahyuningsih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.