Kontribusi Pembaca

Unit Aktivitas Pers Kampus Mahasiswa (UAPKM) Kavling10 merupakan lembaga pers yang bernaung sebagai organ intra UB, yang menyatakan diri independen secara pemberitaan dari pengaruh manapun. Sejak berdirinya organisasi ini 37 tahun lalu, kami punya beberapa bentuk media mulai dari Majalah, Buletin hingga laman website.

Kavling10 tertarik pada isu-isu seputar kampus, pendidikan, sosial, ekonomi, budaya, hukum, terlebih perspektif yang menawarkan keberpihakan terhadap masyarakat, sesuai dengan visi kami untuk mengabdikan karya demi kepentingan masyarakat.

Menanggapi permintaan yang beberapa kali masuk mengenai ruang kontribusi bagi pembaca. Ruang ini kami tujukan demi mewujudkan iklim demokrasi yang lebih baik. Kami selalu meyakini bahwa bukan hanya pemilik media dan pemegang kekuasaan yang punya hak atas ruang diskursus. Dengan program ini, kami mengharapkan terciptanya kultur dialektis yang sehat, apabila tidak terima dengan kritik tulisan, balas dengan tulisan. Jenis karya yang kami terima diantaranya Opini, Artikel Ilmiah, Cerpen, Puisi, serta Resensi Film dan Buku;

Untuk detail sistematika sila cek SOP Kontribusi berikut:

  • Opini

Rubrik ini mewadahi ulasan, pandangan dan sikap pribadi penulis terhadap isu aktual maupun tema-tema yang menurut penulis perlu untuk disampaikan. Redaksi mengutamakan tema yang memiliki daya makna kritik sosial.

Sistematika: Font Times New Roman, ukuran tulisan 14, spasi 1,5, rata kiri-kanan, panjang tulisan 600-1500 kata, judul tanpa batasan kata, dan disertai data apabila diperlukan.

  • Sastra

Rubrik sastra terbagi menjadi dua jenis tulisan, Puisi dan Cerpen. Redaksi mengutamakan tema yang memiliki daya makna kritik sosial.

Sistematika:

  1. Puisi: Font Times New Roman, ukuran tulisan 14, spasi 1,5, dan maksimal 2 halaman.
  2. Cerpen: Font Times New Roman, ukuran tulisan 14, spasi 1,5, rata kiri-kanan, dan panjang tulisan 600-1500 kata.
  • Resensi

Rubrik resensi memuat ulasan dari sudut pandang penulis mengenai karya-karya berupa buku dan film. Redaksi mengutamakan ulasan terkait karya yang memiliki kekuatan secara kebaruan, pengaruh ataupun popularitas.

Sistematika:
Font Times New Roman, ukuran tulisan 14, spasi 1,5, rata kiri-kanan, panjang tulisan 500-1000 kata, judul maksimal 12 kata, dan identitas buku dan film cukup ditulis secara implisitdi dalam tulisan.

  • Artikel Ilmiah

Rubrik artikel mewadahi tulisan artikel dengan tema yang tidak ditentukan, namun dikhususkan untuk artikel ilmiah. Dalam hal ini, artikel ilmiah yang dimaksud adalah artikel yang sarat data dan disertai sumber.

Sistematika:
Font Times New Roman, ukuran tulisan 14, spasi 1,5, rata kiri-kanan, panjang tulisan 600-1000 kata, judul maksimal 12 kata, wajib mencantumkan data dan referensi, dan sitasi menggunakan body note disertai dengan hyperlink.

Sistematika Pengiriman:

  1. Kontribusi pembaca dikirimkan dalam bentuk file .doc ke alamat surel onlinekavling10@gmail.com, dengan format sebagai berikut: Format nama file: Jenis Tulisan_Nama Penulis_Judul    Subjek surel: Jenis Tulisan_Nama Penulis
  2. Pada badan surel dicantumkan identitas penulis, antara lain Nama Lengkap, Pekerjaan, Institusi, Alamat Surel/Media Sosial Penulis (kondisional), Latar Belakang Penulis Maksimal 150 kata.
  3. Setelah mengirimkan tulian melalui surel, penulis wajib mengkonfirmasi ke ID LINE priskasalsabiila atau ke nomor Whatsapp 081804934720

Ketentuan Umum Kontribusi Pembaca

  1. Kontribusi pembaca akan disiarkan di laman situs kavling10.com, OA LINE LPM Kavling10 (@taz3417q), Instagram @lpmkavling10, dan Twitter @lpmkavling10 setiap hari Sabtu dan Minggu (Maksimal 1 tulisan per hari).
  2. Nama penulis akan disertakan dalam setiap publikasi.
  3. Tidak diperkenankan menggunakan nama pena/samaran.
  4. Hak publikasi setiap tulisan akan menjadi milik LPM Kavling10 dan hak milik tulisan tetap menjadi hak milik kontributor.
  5. Tanggungjawab tulisan ada di tangan kobtributor, bukan tanggungjawab Redaksi LPM Kavling10.
  6. Karya merupakan hasil ilah karya sendiri (bukan plagiat) dan belum pernah ditayangkan di media manapun (digital atau cetak). Pasca diterbitkan, penulis boleh mempublikasikan tulisannya di media lain dengan menyertakan bahwa tulisan tersebut telah diterbitkan di laman kavling10.com
  7. Tulisan boleh menyertakan gambar yang disertai sumber.
  8. Tulisan yang masuk akan disunting secara minimal (tata bahasa) oleh Redaksi LPM Kavling10.
  9. Apabila di kemudian hari diketahui tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan maka tulisan akan diturunkan.

Redaksi