Tampak depan Kartu Tanda Mahasiswa angkatan 2018. Foto: Priska

MALANG-KAV.10 Universitas Brawijaya mulai membagikan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) untuk mahasiswa angkatan 2019 sejak September melalui fakultas masing-masing. Namun, diketahui masih terdapat fakultas yang belum membagikan KTM kepada mahasiswanya.

Salah satunya Fakultas Hukum (FH). Hampir setahun lamanya, mahasiswa FH angkatan 2019 belum ada yang kunjung mendapat KTM.   

“Pernah ada surat waktu itu, tapi udah lama banget. Ada informasi kalau KTM masih dalam proses. Tapi sampai hari ini belum ada kabar lagi,” jelas mahasiswa FH angkatan 2019, Annisa Nuria saat dihubungi Awak Kavling10 pada Jumat (16/10)

Menurutnya, baik mahasiswa sendiri maupun BEM sudah menanyakan kepada pihak fakultas perihal kapan KTM akan diberikan. Namun fakultas hanya merespons dengan menjelaskan KTM masih dalam proses dan mahasiswa dimohon untuk menunggu.

Sementara itu, pihak universitas menjelaskan bahwa KTM untuk angkatan 2019 sudah dicetak sebanyak kurang lebih 16.000 KTM sejak Februari. Jumlah tersebut terdiri dari mahasiswa Vokasi sampai dengan Doktoral.

“Rencana akan dibagikan pada bulan Maret oleh bank masing-masing secara seremonial. Tetapi pandemi datang di minggu pertama bulan Maret sehingga semua kegiatan ditiadakan,” jelas Kepala Biro Pengadaan UB Heri Prawoto pada Senin, 12 Oktober 2020.

Heri menjelaskan mekanisme distribusi KTM yaitu fakultas yang mengambil KTM dari pihak rektorat, kemudian proses pembagian KTM oleh fakultas kepada mahasiswa sendiri di serahkan kepada fakultas. Heri juga menjelaskan bahwa KTM saat ini sudah ada di fakultas masing-masing.

Salah satu Fakultas yang sudah membagikan KTM kepada angkatan 2019 adalah Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM). Pembagian di FILKOM sendiri dimulai pada tanggal 6 Oktober 2020. Sebelumnya FILKOM telah melakukan pendataan untuk mahasiswa yang akan mengambil KTM. Pengambilan KTM sendiri dapat diwakilkan bagi mahasiswa yang belum berada di Malang.

“Saya itu baru tahu dan disuruh untuk pendataan KTM itu tanggal 17 September. Tanggal 5 Oktober baru diberitahu untuk mengambil KTM pada tanggal 6 Oktober,” jelas mahasiswa FILKOM 2019, Fawwaz Kumduhani (18/10).

Penulis: Faisal Amrullah
Editor: Anggik Karuniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.