MALANG-KAV.10  Saat ini UB sedang melakukan Pemilihan Raya (Pemira) dan Pemilihan Umum Mahasiswa (Pemilwa) di setiap fakultas. Namun berbeda dengan Fakultas Teknik (FT) yang memilih ketua BEM dengan cara musyawarah mufakat atau sistem kolektif kolegial. Forum yang disebut Kongres Mahasiswa Teknik (KMT) ini, dimulai bulan Mei hingga puncaknya pada bulan September (23/11) untuk melantik ketua BEM terpilih.

“Sebenarnya teknik ini istilahnya kolot, kami mempunyai cara sendiri memilih apa yang terbaik buat kami. Soalnya kami melihat sistem vote, kami nggak tau nih sistem vote ini mengeluarkan hasil yang paling baik atau nggak karena hanya melihat proporsi mana yang paling banyak dipilih. Sehingga kami lebih milih berunding buat menghasilkan orang-orang terbaik,“ ungkap ketua pelaksana KMT Muhammad Akhwan Firdaus.

Walau begitu, para calon tetap melakukan kampanye serta panitia yang terlibat merupakan anggota forum KMT. KMT tahun ini menetapkan sepuluh calon yang diusung dan dipilih satu untuk menjadi koordinator BEM. Penentuan ini, juga hasil kesepakatan dari Sembilan calon lainnya.

“Di Teknik (FakultasTeknik,red) Pemilwa jatuhnya aklamasi, jumlahnya sudah disesuaikan dengan  AD/ART, semisal ada orang lain yang mencalonkan diri melebihi jumlah yang ditentukan maka akan dilakukan pemilihan namun sampai saat ini belum pernah terjadi karena dari teknik tidak ingin ada perpecahan,” tambahnya.

Senada dengan hal itu, Ahmad Fikri Maulana Koordinator BEM FT 2019-2020 mengatakan “Aklamasi itu karena dari keseluruhan KBMT(Keluarga Besar Mahasiswa Teknik,red) udah sepakat emang ngirim segitu, jadi sebenarnya di AD/ART KBMT setiap tahun sudah diatur berapa jumlah orang yang ngisi anggota bem teknik semisal sepuluh orang, jadi ketika pemilwa muka sepuluh orang itu yang ada bukan 1 atau 2.”

Penulis: Tri Supriansyah
Kontributor: Savira Alvionita
Editor: Debbie Julia Gibson

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.