Seluruh perwakilan lembaga riset berfoto bersama setelah mengadakan Lingkar Riset di Basement Gedung Vokasi pada Kamis (12/9), malam. Foto: Abdi

MALANG-KAV.10 Seluruh lembaga riset mahasiswa UB menyelenggarakan Lingkar Riset di Basement Gedung Vokasi pada Kamis (12/9), malam. Lingkar Riset yang dipimpin Riset dan Karya Ilmiah Mahasiswa (RKIM) membahas persiapan peluncuran PKM Center sebagai respon atas tepuruknya prestasi UB pada PIMNAS XXXII lalu di Bali.

Direktur RKIM Rizhaf Setyo Hartono mengatakan, PKM Center bertujuan menunjang prestasi UB di ajang PIMNAS mendatang. Targetnya pun tidak main-main, yaitu menyabet kembali gelar juara umum.

“Awal mula PKM Center ini ada karena kita melihat strategi dari universitas lain sudah terbentuk polanya, namun dari Brawijaya masih belum ada inovasi terkait strategi baru. Nah, dengan adanya inovasi strategi ini PKM Center bisa menjawab inovasi yang terbarukan,” terangnya.

Pada Lingkar Riset tersebut dijelaskan bahwa PKM Center akan melaksanakan sejumlah kegiatan. Kegiatan tersebut antara lain memfasilitasi riset dan laboratorium bagi tim yang memerlukan, menyediakan format lembar pengesahan dan buku panduan melalui web, membuat pangkalan data proposal PKM, mengadakan kolaborasi lintas fakultas, hingga roadshow PIMNAS.

Direktur Riset dan Keilmiahan Mahasiswa (RITMA) FMIPA UB Mas Adam Lukman menjelaskan bahwa PKM Center merupakan hasil kesepakatan seluruh lembaga riset di UB untuk berkolaborasi.

Hanya saja, kesepakatan tersebut belum sampai pada tahap pembahasan secara teknis. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa terdapat perbedaan kondisi dan kebutuhan di setiap fakultas yang harus diperhatikan sebelum pelaksanaan PKM Center.

“Seumpama seperti ide roadshow dan kolaborasi itu sangat bagus, tapi kita tahu kondisi setiap fakultas itu tidak sama. Bukannya kita tidak setuju, tapi mungkin tergantung kebutuhan setiap fakultas ataupun bagaimana mengemasnya,”ujarnya.

Rizhaf pun membenarkan bahwa pembahasan teknis baru akan dibahas dalam waktu dekat. Ia juga berharap akan segera bisa meluncurkan PKM Center dengan konsep yang sudah matang.

“Karena tadi banyak masukan dan lain sebagainya mungkin minggu ini lembaga riset akan bertemu untuk membicarakan terkait teknis finalisasi ini,” ujar Direktur RKIM tersebut

PKM Center rencananya akan melibatkan banyak pihak. Rizhaf menuturkan akan bekerjasama dengan lembaga riset di UB, alumni PIMNAS dari UB, serta jajaran birokrat, khususnya bagian kemahasiswaan.

“Untuk sosisalisasinya kita gaungkan juga ke pihak kemahasiswaan supaya sinkron antara lembaga riset, alumni PIMNAS, dan pihak birokrat. Karena kalau lingkar riset jalan sendiri tanpa adanya birokrat akan kurang maksimal,” pungkasnya

Penulis: Qaidah Rahmatika Rosida, Anggik Karuniawan
Editor: Abdi Rafi Akmal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.