MALANG-KAV.10 Fakultas Peternakan (Fapet) dalam kegiatan PKK Maba menerapkan peraturan mengenai kedatangan maba pada pukul 05.30 WIB. Padahal Menristekdikti Mohamad Nasir menghimbau jam kedatangan  maba pada pukul 07.00 WIB dan tidak lebih awal dari itu. Diketahui pula dari peraturan fakultas-fakultas lain bahwa peraturan mengenai kedatangan maba lebih awal dari jam 07.00 WIB.

Ketua Pelaksana PKK Maba Fapet Ahmad Shokhibul menyatakan bahwa jam kedatangan maba telah  disesuaikan dengan fakultas lainnya. “Jam kedatangan ditentukan panitia namun dilakukan koordinasi dengan fakultas lain untuk menyiasati datangnya maba dari gerbang (Fapet, red),” ujarnya.

Dalam peraturan Rektor UB mengenai PKK Maba, tidak terdapat aturan mengenai jam kedatangan. Peraturan hanya memuat tata tertib dan petunjuk pelaksanaan. Selebihnya diserahkan ke pihak panitia PKK Maba fakultas.

Kepala Humas UB Kotok Gurito mengakui bahwa UB tidak menerapkan himbauan Menristekdikti. Hal ini dikarenakan UB menyesuaikan dengan kondisi fakultas. “Kalau di UB misalnya kita datangkan agak siangan nanti jalanan sekitar UB sudah padat. Maka dari itu kita datangkan lebih pagi supaya tidak mengganggu lalu lintas,” terangnya.

Sejauh ini, jam kedatangan maba di Fapet tidak bermasalah karena pada dasarnya tidak melanggar peraturan rektor. Namun, Ahmad menerangkan bila himbauan Menristekdikti nantinya diwajibkan untuk diterapkan di semua kampus, akan dilakukan penyesuaian peraturan mengenai PKK Maba lebih lanjut. “Jika memang peraturan dari Kemenristekdikti seperti itu mungkin bisa disesuaikan dengan jadwal selama kegiatan. Jadi kami harus berkoordinasi dengan dekanat dulu mengenai hal ini. Untuk kedepannya mungkin bisa disesuaikan dengan peraturan Kemenristekdikti tapi juga dipertimbangkan dari keadaan di universitas masing-masing,” tutur Ahmad menanggapi perihal ini.

Penulis: Priska Salsabiila
Editor: Ima Dini Shafira

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.