MALANG-KAV.10 PKK Maba Fakultas Peternakan (Fapet) tahun ini memberikan tugas membuat esai dengan tema “Kampus Brawijaya sebagai Candradimuka Mahasiswa menuju Sosok Mandiri”. Sempat beredar isu di kalangan mahasiswa bahwa tema dari penugasan esai yang diberikan berkaitan dengan suatu Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus (OMEK) tertentu.

Ketua Pelaksana PKK Maba Fapet Akhmad Sokhibul membantah isu tersebut. Menurutnya, kata “cadradimuka” berarti penggemblengan diri. “Dari Divisi Acara kemarin sudah melakukan klarifikasi ke saya itu (tema penugasan esai, red) diambil dari buku Mahabarata. Jadi bukan menjurus ke organisasi tertentu atau ke golongan tertentu,” jelas Ahmad.

Wakil Dekan III Fapet Agus Susilo menanggapi isu tersebut dengan menyatakan bahwa pihak dekanat mengawasi jalannya PKK Maba di Fapet. Menurutnya, terdapat rambu-rambu yang tidak boleh dilanggar. Acara yang disusun juga harus sejalan dengan peraturan-peraturan yang berlaku.

 “Kita sudah sejak awal melarang karena peraturan menteri kan sudah melarang untuk organisasi ekstra masuk kampus. Kita berusaha melakukan pengawasan. Jadi 24 jam tidak boleh ada simbol-simbol (organisasi ekstra, red). Kita berusaha mensterilkan selama ada kegiatan PKK Maba,” jelas Wadek III Fapet.

Baca juga: PRO-KONTRA PERMENRISTEKDIKTI 55/2018, WR III UB: KITA KAGET

Untuk kedepannya, Fapet tetap tidak akan mengizinkan adanya simbol-simbol organisasi ekstra pada saat PKK Maba sampai adanya peraturan baru dari Kemenristekdikti mengenai hal ini.

Penugasan itu sendiri sudah diumumkan sejak lima hari yang lalu dan dikumpulkan pada PKK Maba hari ini. Penugasan yang diberikan dimuat dalam bentuk buku bersampul coklat oranye yang dikerjakan secara individu. Selain penugasan membuat esai, ada juga penugasan lainnya. “Penugasannya itu kita ada untuk menulis mars UB sama esai. Ada juga menempel denah lingkungan Fapet agar mereka tahu di Fapet itu ada gedung-gedung apa saja,” ujar Ahmad.

Penulis: Priska Salsabiila
Editor: Abdi Rafi Akmal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.