Situasi TPS FPIK UB selama rangkaian PEMIRA-Pemilwa berlangsung (5/12). Foto: Ivan

MALANG-KAV.10 Pemilwa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) tahun ini memiliki sejumlah perbedaan. Selain baru pertama kali menerapkan sistem E-Vote (electronic vote), panitia memutuskan pemilihan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) fakultas dilakukan melalui musyawarah. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Pelaksana Pemilwa FPIK UB, Sofyan Theo Juliansyah (5/12).

“Rangkaian Pemilwa (FPIK, red) baru pertama kali menggunakan sistem E-vote dan sistem tunggal. Kita juga nggak ada pemilihan untuk Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) karena menggunakan sistem musyawarah,” ujar Sofyan yang juga mahasiswa FPIK jurusan Agrobisnis Perikanan angkatan 2016 ini.

Terkait dengan mekanisme pemilihan DPM sendiri, Meidita Ajeng N, Mahasiswa FPIK 2016 yang turut menggunakan hak suaranya dalam ajang rutinan tersebut membeberkan mekanisme pemilihan DPM di fakultasnya memang berbeda. Setiap calon di usung dari delegasi himpunan fakultas.

“DPM dari FPIK tuh beda. Fakultas lain gak kayak gini. Setau saya (calon anggota DPM) dari perwakilan setiap himpunan buat delegasi,” terangnya usai keluar dari bilik suara Pemilwa FPIK UB.

Meidita juga berharap bahwa sudah seyogyanya pemilihan DPM di Fakultasnya bisa di sesuaikan mekanisme pemilihannya dengan fakultas lain agar terjadi keseimbangan hak dengan mahasiswa yang tidak tergabung dalam birokrasi himpunan.

“Harapannya sih, lebih di samain aja dengan fakultas lain. Jadi, kan biar yang nggak ikut himpunan bisa juga daftar,” ujarnya.

Sedangkan kandidat tunggal Presiden-Wakil Presiden BEM FPIK tahun ini, resmi ditetapkan menjadi pasangan terpilih setelah mendulang sebanyak 931 suara (63.85%). Perolehan ini melebihi syarat minimal yang ditetapkan DPM FPIK jika terdapat calon tunggal, yakni minimal memperoleh 50% plus 1 (satu) suara dari jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya. (njp/ska/nur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.