Unit Aktivitas Pers Kampus Mahasiswa (UAPKM) Kavling10 merupakan lembaga pers yang bernaung sebagai organ intra UB, yang menyatakan diri independen secara pemberitaan dari pengaruh manapun. Sejak berdirinya organisasi ini 37 tahun lalu, kami punya beberapa bentuk media mulai dari Majalah, Buletin hingga laman website.

Menanggapi permintaan yang beberapa kali masuk mengenai ruang kontribusi bagi pembaca, bulan November ini akan menjadi penanda dibukanya program Kontribusi Pembaca. Ruang ini juga kami tujukan demi mewujudkan iklim demokrasi yang lebih baik. Kami selalu meyakini bahwa bukan hanya pemilik media dan pemegang kekuasaan yang punya hak atas ruang diskursus. Dengan program ini, kami mengharapkan terciptanya kultur dialektis yang sehat: apabila tidak terima dengan kritik tulisan, balas dengan tulisan.

Kami menerima tulisan dari pembaca untuk beberapa rubrik diantaranya:

    1. Opini

    Rubrik ini mewadahi ulasan, pandangan dan sikap pribadi penulis terhadap isu aktual maupun tema-tema yang menurut penulis perlu untuk disampaikan. Redaksi mengutamakan tema yang memiliki daya makna kritik sosial.

    Sistematika: 1) Ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami dan menarik 2) Disarankan menggunakan data, analisa, kritik, ataupun satir 3) Mengandung 600-1500 kata.

    1. Sastra

    Rubrik sastra terbagi menjadi dua jenis tulisan, Puisi dan Cerpen. Redaksi mengutamakan tema yang memiliki daya makna kritik sosial.

    Sistematika: 1) Kontributor boleh mengirim lebih dari 1 (satu) karya puisi 2) Cerpen maksimal 2000 kata.

    1. Resensi

    Rubrik resensi memuat ulasan dari sudut pandang penulis mengenai karya-karya berupa buku dan film. Redaksi mengutamakan ulasan terkait karya yang memiliki kekuatan secara kebaruan, pengaruh ataupun popularitas.

    Sistematika: 1) Mencantumkan gambar produk yang diulas. 2) Memuat informasi penting terkait produk yang diulas (Penulis, judul, penerbit, tahun terbit, genre, dll.)

    1. Kreasi Gambar

    Rubrik kreasi gambar mewadahi aspirasi artistik berupa karikatur atau cerita bergambar. Redaksi mengutamakan karya dengan tema yang punya daya makna kritik sosial.

    Sistematika: 1) Kontributor boleh menyertakan narasi singkat terkait interpretasi karya 2) Boleh mengirim lebih dari 1 (satu) karya

     

 

Syarat dan Ketentuan Kontributor:

  1. Kontributor tidak dibatasi dari UB, siapapun berhak mengirimkan karya dengan menyertakan identitas yang terang.
  2. Tanggung jawab karya ada di tangan Kontributor.
  3. Hak milik karya tetap menjadi hak milik kontributor.
  4. Karya merupakan hasil olah karya sendiri (bukan plagiat) dan belum pernah ditayangkan di media manapun (digital atau cetak). Satu bulan setelah diterbitkan, kontributor boleh mempublikasikan di media lain dengan menyertakan bahwa karya sebelumnya telah diterbitkan di Kavling10.com.
  5. Karya dikirim melalui surel: onlinekavling10@gmail.com beserta Formulir Kontribusi Pembaca yang telah diisi. Formulir bisa diunduh disini: http://bit.ly/formulirkontribusiuapkm 
  6. Karya tulisan boleh menyertakan gambar yang disertai sumber.
  7. Karya yang masuk akan dipilah dan disunting kembali secara minimal (tata bahasa) oleh Tim Redaksi.
  8. Jika karya layak muat, kami akan segera menghubungi Kontributor. Karya yang tidak layak muat akan dikembalikan pada pengirim. Jika lebih dari dua minggu tidak menerima konfirmasi, pengirim berhak menerbitkan atau mengirim pada media lain.
  9. Karya tidak mengandung hoaks dan ujaran kebencian.
  10. Apabila di kemudian hari diketahui tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan maka karya akan diturunkan.

-Departemen Redaksi UAPKM UB 2018-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.