MALANG-KAV.10 Tujuh karikatur tokoh berpengaruh di dunia dipasang di beberapa pohon pada area depan boulevard Fakultas Ilmu Budaya (FIB) yang digunakan untuk kegiatan PKK Maba hari ini. Ketua Pelaksana PKK Maba FIB Maulfi  Syaiful Rizal menyampaikan bahwa tokoh itu dijadikan sebagai karikatur untuk mewakili setiap program studi.

Tujuh  tokoh tersebut adalah W. S Rendra, Victor Hugo, Haruki Murakami, Affandi, Confucius, Koentjaraningrat dan Shakespeare. Pemilihan  tokoh dipilih berdasarkan banyaknya karya dan selalu menjadi rujukan bagi orang lain. “Filosofi nya seperti  yang saya sebutkan tadi, Koentjaraningrat bukunya banyak sekali dirujuk dalam setiap teori atau setiap matakuliah yang ada di Antropologi, jadi itu bisa dikatakan sebagai bapak kebudayaan. Kemudian WS Rendra adalah sastrawan besar, beliau menghasilkan banyak karya yang ditampilkan dalam pementasan drama maupun puisi,” ujarnya.

Maulfi  juga menambahkan dengan adanya representasi tokoh tersebut, diharapkan maba memiliki sifat yang sama atau bisa mengambil contoh bagaimana tokoh tersebut menghasilkan karyanya. “Prosesnya bagaimana kemudian bisa mengambil in sari kehidupan dari tokoh-tokoh tadi. Harapannya itu nan  bisa menjadi teladan untuk mahasiswa baru,” jelasnya.

Menyetujui hal tersebut, mahasiswa baru Pendidikan Bahasa Indonesia Raja Virgandi Agus menyatakan bahwa secara  tidak langsung adanya karikatur itu menambah wawasan mahasiswa baru tentang tokoh tersebut. “Tentu saya termotivasi setelah tahu tokoh itu, seper  Affandi itu karakter-karakternya memotivasi saya menjadi insan yang lebih baik,” ujar mahasiswa asal Tanjung Pinang tersebut. (nad/lnf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.