MALANG-KAV.10 “Untuk PKK Maba tahun ini karena masalah durasi waktu yang terbatas, kami lebih kepada orientasi pendidikan,” ujar Wakil Dekan 3 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Darjito ketika diwawancarai dalam acara pembukaan PKK Maba di Gedung Graha Sanita FMIPA UB. Sedangkan untuk mencegah radikalisme berkembang di FMIPA, ia menyatakan PKK Maba akan difokuskan pada orientasi pendidikan secara etika dan aturan-aturan dalam pergaulan.

“Sebenarnya kalau seluruh civitas akademika memahami dan mentaati seluruh aturan, paham semacam radikalisme tidak akan berkembang. Paham radikalisme berkembang karena ada aturan yang dilanggar, oleh sebab itu dalam PKK Maba tahun ini kita lebih menekankan pada hal tersebut,” tegas Darjito.

Lebih lanjut ia menambahkan FMIPA akan membentuk tim deradikalisasi yang beranggotakan mahasiswa pascasarjarana. “Tim deradikalisasi akan kita terjunkan dalam acara Krida Mahasiswa. Selain itu secara reguler mulai tahun kita akan menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada mahasiswa,” jelasnya.

Senada dengan hal tersebut ketua pelaksana PKK Maba FMIPA Yuda Alldiansyah menuturkan untuk materi radikalisme  akan dimasukan dalam rangkaian Probinmaba atau Krida Mahasiswa. “Untuk isu radikalisme akan kita masukan dalam Probinmaba hari kedua, dalam acara tersebut juga akan ada penanaman nilai tentang empat peran mahasiswa, kita juga akan memberikan materi tentang bagiamana menangani peham radikalisme dan mejaga keutuhan bangsa dari paham radikalisme,” ujar Mahasiswa Jurusan Kimia 2016 itu. (nh/lia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.