MALANG-KAV.10 Mahasiswa lama ( mala) 2017 ikut  PKK Maba Fakultas Ilmu Peternakan (Fapet) yang bertempat di halaman lapangan parkir. Sebanyak 39  mala dinyatakan  tidak lulus melalui pengumuman yang disampaikan Official Akun Resmi BEM Fapet.  mala yang dinyatakan  tidak lulus tahun lalu diwajibkan mengikuti  ospek susulan ditahun berikutnya, hal itu juga sesuai dengan Surat Keputusan Rektor Bab VII Pasal 13 tahun 2018.

Ketua Pelaksana Naufal Majid mengatakan bahwa ada sejumlah penilaian yang menentukan mahasiswa dinyatakan  tidak lulus. “Tahun lalu itu, dari segi penugasan, kehadiran  tidak memenuhi atau tahun-tahun sebelumnya dinyatakan  tidak lulus dan diharuskan mengikuti ospek susulan ditahun berikutnya. Itu (mengulang, red) sangat penting karena sertifikat ospek digunakan sebagai syarat untuk kelulusan,” ujarnya.

Wakil Dekan III Fapet Osfar Sjofyan mengatakan bahwa mahasiswa yang  tidak ikut PKK Maba harus memberikan surat pernyataan kematian dari RT/RW dan jika sakit harus memberikan surat pernyataan sakit dari Klinik UB. “Jika  tidak masuk, suratnya harus dari Klinik UB. Tadi  malam ada laporan bahwa ada orang tua meninggal ya saya ijinkan tapi ada surat kematian dari  RT RW itu gak apa apa,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, salah satu  mala yang dinyatakan  tidak lulus Arjuna Gaga Sakti  mengatakan bahwa dirinya mengulang PKK Maba dikarenakan sakit dan meskipun sudah memberikan surat keterangan dokter kepada panitia namun, tetap dinyatakan  tidak lulus. “Saya mengulang ospek sebab pada saat ospek in  saya  tidak masuk dikarenakan sakit,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa dirinya  tidak mengetahui jika surat sakit harus dari Klinik UB. “Saya  tidak tahu (surat sakit harus dari Klinik UB, red). Walaupun sudah memberikan surat dokter, kalau  tidak ikut yang dianggap  tidak hadir,” tambahnya.  Dari Rangkaian PKKMaba Fapet,  mala yang mengiku  PKK Maba tahun ini diharuskan membayar Rp. 350.000 dan dari 39  mala yang dinyatakan  tidak lulus hanya tujuh  mala yang hadir. (azk/atw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.