MALANG-KAV.10 Selama beberapa tahun terakhir, Fakultas Teknik (FT) memberlakukan peraturan yang selalu sama setiap tahunnya. Peraturan tersebut terkait dengan potongan rambut pendek ukuran 1 cm bagi seluruh mahasiswa baru laki-laki. Bagi sebagian besar orang, ketentuan tersebut dirasa tidak memiliki arti khusus. Tetapi Dekan FT, Pitojo Tri Juwono, memiliki pandangan tersendiri terkait dengan peraturan tersebut.

“Ini salah satu cara maba teknik memberi contoh tampil elegan sebagai sosok pemuda dan pemimpin yang kita harapkan bagus ke depan. Kalau punya potongan rambut pendek, kita harap spiritnya muncul,” kata Pitojo.

Meski tidak ada peraturan tertulis yang mengatur potongan rambut selama satu semester, Pitojo menegaskan itu sebagai komitmen bersama. Ia menjelaskan bahwa menjadi mahasiswa itu harus rapi. Ia juga menambahkan, “Saat mereka jadi maba kita bukan bahwa mereka harus rapi dulu. Walaupun rapi itu sebenarnya normatif, tapi kami menginterpretasikan bahwa rapi itu ya seragam.”

Ketua Pelaksana PKK Maba FT Reza Aliansyah juga berkomentar mengenai aturan rambut pendek bagi mahasiswa baru. Ia menerangkan bahwa memang tidak ada kewajiban dari dekanat terkait ketentuan itu. Tetapi dengan ketentuan seperti itu, panitia jadi mudah dalam mengontrol mahasiswa baru. Seperti yang Reza sampaikan, pengontrolan itu terkait dengan kewajibannya sebagai panitia, “Jadi kami sebagai panitia punya kewajiban untuk menjaga dan melindungi mahasiswa kami.”

Terkait dengan kegiatan mengontrol mahasiswa baru, Dekan FT Pitojo pun sempat menjelaskan bahwa dengan ketentuan yang semacam itu akan memudahkan mereka mendeteksi mahasiswa baru yang menggunakan kendaraan. Jika tidak ada ketentuan semacam ini, pihak Dekanat akan sulit membedakan mahasiswa baru dan mahasiswa lama yang menggunakan kendaraan. “Ini kan juga perintah dari rektor supaya di semester pertama  tidak membawa kendaraan,” tutup Pitojo.

Sejauh ini, aturan mengenai rambut pendek bagi mahasiswa baru laki-laki FT hanya terdapat di Peraturan PKK Maba Fakultas Teknik 2018 yang sudah ditandatangani oleh Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan. Selain itu, tidak ada peraturan lain yang mengatur bahwa mahasiswa baru laki-laki harus memiliki potongan rambut pendek ukuran 1 cm selama satu semester. (ara/ain)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.