MALANG-KAV.10 Pada pembukaan PKK Maba Vokasi UB, maba diberikan sambutan hangat dari dekan dan ketua program studi vokasi. Tahun ini vokasi mengalami banyak perubahan dan perbedaan program studi.

Ketua Pelaksana PKK Maba Vokasi UB Maula Akbar mengatakan bahwa penghilangan salah satu program studi di Vokasi dikarenakan pengalihan ke program studi Manajemen Perhotelan dengan jenjang D4. “Salah satu faktornya mungkin karena sumber daya dosennya kurang, dan lebih mengarah kepada D4 nya yaitu manajemen perhotelan,” ujar Maul, panggilan akrabnya.

Hal itu juga didukung dengan penjelasan Sovia Rosalin sebagai Kordinator Humas PKK Maba Vokasi dari pihak dosen, bahwa memang ada perubahan dan penghilangan program studi di Vokasi. “Karena Dikti kan tahun 2017 membuat edaran bahwa semua program studi itu diminta untuk menyesuaikan nama dengan nomenklatur, makanya kita sesuaikan nama sesuai dengan nomenklatur, jadi semua di Indonesia itu namanya sama,” ujar Sovia

Dekan Vokasi Darmawan Octo Soetjipto memberikan penjelasan mengenai perubahan  nama jurusan atau prodi di Vokasi, diantaranya diubahnya nama Manajemen Informatika menjadi Sistem Informasi, hilangnya Program Studi Usaha Perjalanan Wisata jenjang Diploma (D3) di Vokasi, dan lain-lain. Perubahan nama program studi dibutuhkan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Proses manajerial dan teknis operasional di Vokasi bekerjasama dengan DUDI, selain itu prodi Vokasi secara umum tergantung dengan kebutuhan pasar.

“Karena memang sama dengan permintaan DUDI kemarin itu, proses penghilangan program studi itu karena peminatnya menurun dan akhirnya tenaga serapannya berkurang, dan cenderung kepada manajemen perhotelan yang D4 salah satunya,” Ujarnya. (agn/lnf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.