Pendaftaran Sertifikasi Farm di Fapet Tidak Menggunakan Subsidi

0
2

MALANG-KAV.10 Untuk meningkatkan kualitas Mahasiswa Fakultas Peternakan (Fapet) membuka pendaftaran Sertifikasi Farm, Pendaftaran tersebut baru dibuka pada tahun ini. Alasan Fapet mengeluarkan sertifikat ini karena tuntutan dunia kerja, yang mengharuskan mereka memiliki sertifikasi tertentu. Wakil Dekan III Osfar Sjofjan menuturkan mahasiswa yang ingin mengikuti Sertifikasi Farm tidak disubsidi fakultas dan sepenuhnya ditanggung peserta. “Tidak ada subsidi dari fakultas. Karena itu ploting market dipasarkan begitu, tapi sudah sesuai aturan,” tegas Osfar.

Fapet membuka pendaftaran Sertifikasi Farm untuk meningkatkan daya saing mahasiswa di dunia kerja. Sebab dunia kerja umumnya meminta sejumlah syarat berupa sertifikat ijazah, sertifikat pendamping ijazah, keaktifan keorganisasian dan pernah tidaknya menjadi asisten dosen. “Nah jadi di dunia kerja sekarang diminta satu diminta sertifikat ijazah khusus pembelajaran empat tahun, delapan semester. Yang kedua sertifikat pendamping ijazah (SKPI, red), apakah dia aktif organisasi atau tidak, apakah dia pernah asisten,” ujar Osfar.

Sertifikasi Farm merupakan upaya peningkatan di bidang kompetensi tentang unggas berupa pakan unggas, penetasan, dan manajemen. Syarat untuk mendapatkan sertifikasi ini adalah mahasiswa yang telah lulus sarjana. Mereka harus menambah satu semester untuk pendidikan lanjutan. “Nanti mahasiswa yang sudah lulus mendapat sarjana peternakan S.Pt, setelah itu dia menambah satu semester,” ujar Osfar.

Atika Anisah Mahasiswa Fapet 2016 mengatakan bahwa dirinya tahu mengenai Sertifikasi Farm. Namun ia masih kurang memahami lebih lanjut mengenai tahapan mengikuti sertifikasi. Ia mendukung adanya sertifikasi tersebut untuk kemajuan fakultas. Tetapi untuk biaya ia mengingikan adaya subsidi dari fakultas. “Walaupun enggak sepenuhnya disubsidi dari fakultas setidaknya ada subsidi untuk menghargai begitu, yang akan sertifikasi,” tuturnya. (azk/sad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.