MALANG-KAV.10 Euforia menjadi maba harusnya menjadi hak semua mahasiswa tanpa terkecuali, termasuk mengikuti Lembaga Semi Otonom (LSO) di fakultas atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di universitas. Keikutsertaan maba di berbagai kegiatan tentunya dapat mengasah minat dan bakat mereka. Namun, berbeda dengan yang dialami oleh maba Fakultas Teknik (FT), mereka diimbau oleh masing-masing jurusan untuk tidak mengikuti kegiatan apapun baik itu di lingkup fakultas atau universitas selama semester satu.

Ketentuan ini merupakan kesepakatan bersama antar jurusan di Fakultas Teknik yang tidak tertulis di dalam peraturan manapun. Ketua Pelaksana (Kapel) Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKK Maba) Jurusan Teknik Sipil, Ahmad Fikri Maulana membeberkan bahwa maba memang diimbau untuk tidak mengikuti kegiatan apapun selama semester satu. Keputusan ini diambil agar terbangun hubungan yang erat antar maba di angkatan mereka. “Ya dari saya pengennya kompakin dulu di internal mereka,” tutur Fikri.

Senada dengan pernyataan di atas, Maba Jurusan Teknik Industri pun diimbau untuk tidak mengikuti UKM di semester satu. Timo Zevanya selaku Kapel PKK Maba Jurusan Teknik Industri mengaku bahwa sebelum imbauan ini disampaikan sudah dikomunikasikan terlebih dahulu dengan kepala jurusan dan ketua himpunan di FT. Jika masih ada maba yang ikut UKM, ia menegaskan tidak akan ada hukuman tertentu. “Mereka tetap boleh ikut (UKM, red), tetapi tetap punya tanggung jawab di internal mereka,” ujar Timo.

Ketika dikonfirmasi oleh awak Kavling 10, Alwafi Pujiraharjo selaku Kepala Jurusan (Kajur) Teknik Sipil setuju dengan imbauan berupa pelarangan maba mengikuti UKM di semester satu. Dirinya menjelaskan bahwa semester satu merupakan masa bagi maba untuk beradaptasi, sehingga ditakutkan waktu adaptasi mereka tidak maksimal karena banyaknya kegiatan yang diikuti. Namun jika masih ada maba yang melanggar aturan itu ia mengaku tidak masalah. “Tidak ada sanksi, selama dia masih bisa mengatur waktunya, ya tidak masalah,” tutupnya. (ara/lia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.