MALANG-KAV.10 Sudah tiga tahun ini Panitia PKK Maba Fakultas Ilmu Budaya (FIB) menugaskan pembuatan abstrak Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sebagai penugasan wajib. Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FIB Ismatul Khasanah pada PKK Maba hari kedua (16/08) menyatakan tujuan diberikannya penugasan abstrak agar maba dari sekarang memiliki kepekaan terhadap hal yang berguna untuk meningkatkan prestasi khususnya di bidang PKM tersebut. “Jadi mabanya dipersiapkan untuk itu, maba harus memiiliki awareness terhadap prestasi di bidang kemahasiswaan. Mudah-mudahan dengan selalu adanya abstrak seperti ini ada peningkatan yang signifikan,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Pelaksana PKK Maba FIB Maulfi Syaiful Rizal menjelaskan lebih lanjut mengenai tujuan penugasan tersebut. “Tujuan dari abstrak itu nanti akan disaring beberapa abstrak yang memang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi proposal PKM. Harapannya nanti ketika Rektor Cup kita sudah punya bank proposal yang banyak sehingga kita tidak perlu susah untuk mencari maba yang mau ikut Rektor Cup,” terangnya.

Ia juga menambahkan penugasan abstrak memberikan pengaruh terhadap perkembangan PKM yang ada di FIB dan maba yang sudah terbiasa menulis abstrak maupun proposal Karya Tulis Ilmiah (KTI) akan lebih mudah untuk membuat proposal PKM nantinya. “Alhamdulillah tiap tahun kita selalu meloloskan ke rektor Cup, itu pasti. Tahun ini ada 2 proposal yang ikut ke PIMNAS, dan itu bibitnya dari abstrak PKM yang dibuat oleh maba itu tadi,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut maba Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Shela Nur latifa mengatakan tidak keberatan dengan adanya penugasan tersebut karena dapat menggali ide-ide kreatif dari maba. Hanya saja masih ada kendala untuk teknis kepenulisannya. “Kesulitannya karena mendadak, saya bikinnya itu kan dua hari sebelum dikumpulin jadi saya ngeliat contohnya aja yang ada di buku panduan. Saya ngeliat dulu gimana, tata bahasanya seperti apa kemudian ambil referensi dari sumber lain dan selebihnya ngarang sendiri,” ujar mahasiswa yang menggagas ide PKM tentang peranan informasi pengguna media sosial terhadap degradasi anak muda. (nad/lia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.