Ratusan siswa SMAN 2 Malang menggelar aksi demo menuntut Kepala Sekolah SMAN 2 Malang Dwi Retno agar meninggalkan jabatannya, Kemarin (5/4). Foto: Oka

MALANG-KAV.10 Publik Kota Malang sempat dihebohkan dengan kabar siswa-siswi salah satu SMA negeri yang menggelar demonstrasi Kamis kemarin (5/4). Aksi yang berlangsung di SMA Negeri 2 Malang ini merupakan bentuk kekecewaan siswa terhadap Kepala Sekolah SMAN 2 Malang, Dwi Retno yang telah menjabat sekitar tiga tahun. Pasalnya, para siswa menilai bahwa Retno acapkali berkata kasar dan bersikap sewenang-wenang dalam membuat aturan.

Koordinator aksi massa SMAN 2 Malang, Azka Salmansyah mengatakan bahwa banyak bukti serta daftar keluhan yang telah dikumpulkan untuk menguatkan tuntutan para siswa. “Bu Retno itu banyak mas (daftar keluhan, red). Ada penistaan agama, terus kekerasan fisik, terus omongan kotor, sama tindakan-tindakan yang semaunya sendiri. Misalnya membuat peraturan baru tapi nggak dibicarain sama tata tertibnya sekolah ini, gitu,” ucapnya.

Selain bersikap sewenang-wenang, Azka menyebut bahwa perilaku Retno akhir-akhir ini justru semakin keras, sehingga aksi yang sempat tertunda selama tiga tahun ini harus segera terlaksana. “Kayak anak sholat duha gitu ya, terus sepatunya dilempari, terus ke ruang guru dia ngomong ‘buat apa sholat sampai jungkir balik segala, nilai kan saya yang ngatur’ dia bilang begitu,” tambah siswa kelas XII IPA tersebut.

Senada dengan para siswa SMAN 2 Malang, para pengajar juga mengeluh atas tindakan yang dilakukan oleh Retno. Banyaknya keluhan yang diabaikan membuat para guru ikut mendukung aksi ini. “Soalnya mereka jalannya termasuk bagus. Karena apa? mereka ini demonya legal. Soalnya juga ijin polisi,” ucap Heni Kristianti selaku Guru Bahasa Indonesia SMAN 2 Malang. Heni mengaku baru mengetahui adanya aksi sehari sebelumnya. “Kita baru tahunya waktu ada broadcast dari orangtua siswa,” imbuhnya.

Saat aksi berlangsung, negosiasi dilakukan oleh para guru, kepala sekolah, wali murid dan kepolisian menyatakan Dwi Retno akan dimutasi ke cabang Dinas Kota Malang. Rencananya mutasi tersebut dilaksanakan pada Jumat, (6/4) ini. (dew/sad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.