Mengenang Mochtar Lubis

0
2
Diskusi bertema ‘Jejak Rekam Mochtar Lubis Dalam Pers Indonesia’ yang digelar di Kedai Kopi Kalimetro kemarin (21/3). Foto: Fira

MALANG-KAV.10 Diskusi rutin ‘Saling Sapa’ yang diadakan oleh Komunitas Kalimetro pada Rabu malam (21/03) mengangkat tema ‘Jejak Rekam Mochtar Lubis Dalam Pers Indonesia’. Acara yang bertempat di Kedai Kopi Kalimetro ini mengundang mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi UB Akmal Jati sebagai pembicara dan Fajar Dwi dari Terakota.id sebagai moderator.

Mendiang Mochtar Lubis merupakan jurnalis dan sastrawan ternama kelahiran Padang 7 Maret 1922. Ia adalah pendiri dan pimpinan redaksi Harian Indonesia Raya, surat kabar yang didirikan pada 28 Desember 1949. Akibat tulisannya yang dianggap terlalu berani mengkritik pemerintah, ia pernah ditahan selama 9 tahun tanpa diadili dan Harian Indonesia Raya dibredel oleh pemerintah.

Menurut Akmal, Mochtar Lubis ibarat bom bagi pemerintah. “Mochtar Lubis ini menjadi bom pemerintah dengan tulisan-tulisannya, sampai ditangkap dan dibredel medianya,” ujar pria yang telah melakukan ekspedisi mengenai 8 tokoh pers nasional, termasuk Mochtar Lubis.

Diskusi ini digelar dalam rangka memperingati kelahiran Mochtar Lubis. Fajar mengungkapkan materi dalam diskusi ini perlu diketahui oleh masyarakat umum tidak hanya sekelompok orang. “Kegiatan literasi ini perlu diketahui khalayak, bukan golongan tertentu. Terlebih lagi yang dibahas kali ini adalah tokoh pers dimana pers mempunyai peran penting dalam demokrasi,” jelasnya. (fir/lia)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.