Penulis novel ‘Laut Bercerita’ dan ‘Pulang’ Leila S. Chudori hadir dalam pemutaran film pendek sekaligus diskusi buku di Auditorium FH UB, Kamis kemarin (15/3). Foto: April

MALANG-KAV.10 Fakultas Hukum (FH) UB mengadakan pemutaran film pendek dan diskusi buku berjudul ‘Laut Bercerita’ karya Leila S. Chudori di Auditorium FH UB pada Kamis (15/03). Diskusi dan pemutaran film itu mendatangkan Produser Film Wisnu Darmawan, Perwakilan dari Amnesty International Indonesia Wilson, Dosen FH UB Muktiono, Genoneva Misiatini Ibu dari Bimo Petrus yang menjadi korban penghilangan paksa dan perwakilan Omah Munir Suciwati.

Leila mengatakan proses kreatif penulisan ‘Laut Bercerita’ terinspirasi dari salah satu kawannya Nezar Patria yang menjadi korban penghilangan paksa pada Maret 1998. Nezar sempat menulis kisah pribadinya ini dalam artikel berjudul “Penyiksaan di Kuil Orde Baru” yang dimuat dalam Majalah Tempo Edisi Khusus Soeharto pada Februari 2008.

“Banyak sekali yang berkomentar tentang tulisan Nezar, dan bukan hanya saya yang terinspirasi, ada juga Seno Gumira Ajidarma membuat drama berdasarkan itu, dan Goenawan Mohammad membuat catatan pinggir berjudul ‘Herman’. Dan saya bilang saya harus buat ini, dan Nezar bilang harus mbak, tapi jangan korbannya aja, usul saya mbak harus wawancara keluarga korban yang termasuk dalam IKOHI (Ikatan Keluarga Orang Hilang indonesia, red),” ujar penulis novel berjudul ‘Pulang’ ini.

Dalam diskusi yang berlangsung, Genoneva Misiatini mengatakan selama Munir menjadi Ketua Badan Pengurus Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) turut membantu pencarian 13 orang yang hilang selama orde baru. Ia berharap lewat buku ‘Laut Bercerita’ bangsa Indonesia tidak akan melupakan fakta gelap sejarah yang terjadi pada era tersebut.

“Bang Munir mendampingi kami, entah dimana saja, pada saat demo. Segala perjuangannya tadi begitu besar bersama kami. Bagi mereka yang berjuang untuk Indonesia yang ingin demokrasi dengan sesungguhnya, menginginkan fakta yang tidak diperoleh oleh mereka,” ucapnya. (atw/lnf/sad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.