EM Batal Temui Menristekdikti

0
2
Beberapa spanduk yang dipersiapkan untuk aksi dibiarkan tergeletak di Gedung Kebudayaan Mahasiswa (13/3).

MALANG-KAV.10 Mendengar kabar kedatangan Menristekdikti ke Malang, Eksekutif Mahasiswa (EM) UB merencanakan menggelar aksi hari ini (13/3). Melalui akun ofisial, dikabarkan aksi akan dimulai pukul 07.00 WIB dengan titik kumpul Gedung Kebudayaan Mahasiswa. Setelah menghimpun massa, rombongan akan diarak ke depan gerbang masuk Polinema. Hanya saja, hingga pukul 07.30 WIB baru satu orang yang datang ke titik kumpul.

Menteri Kebijakan Wilayah Nasional EM sekaligus koordinator aksi, Nofriadi Kurnia Putra menyesalkan aksi yang tidak sesuai jadwal lantaran massa yang tidak datang. “Minimal terkumpul massa 50 lah. Kalau misalnya terlalu sedikit, kita nanti diinjak-injak, takutnya akan terjadi chaos di sana,” jelas Nofriadi yang akrab disapa Danop.

Hingga pukul 08.00 WIB hanya belasan orang yang siap untuk dimobilisasi. Mayoritas massa berasal dari kalangan staf EM sendiri. Sebelumnya pada saat Lingkar Kastrat BEM se-UB (12/3), beberapa BEM menyatakan bersedia untuk menurunkan massa. Tetapi pada pagi harinya mengonfirmasi bahwa tidak jadi menurunkan massa dikarenakan belum siap. “Belum siap katanya. Saya tidak tahu juga alasannya kenapa belum siap,” ungkap Danop.

BEM FIA menjadi salah satu lembaga fakultas yang urung turun aksi. Menteri Kebijakan Strategis BEM FIA, Arfian Ardhitama mengonfirmasi BEM FISIP, Vokasi, dan FILKOM juga tidak akan turun mengatasnamakan lembaga. Aksi kali ini juga dinilai Arfian tidak cukup memiliki persiapan, terutama terkait dengan data pendukung yang akan dibawa saat aksi. “Mungkin caranya yang kurang bagus dan terkesan tergesa-gesa tanpa dipikir panjang,” beber Arfian.

Aksi penyambutan ini awalnya ditujukan untuk menuntut audiensi terkait beberapa hal seperti Permen Dikti mengenai Organisasi Mahasiswa serta status PTN-BH UB yang memang sedang hangat diperbincangkan. Hingga berita ini diturunkan, belum ada klarifikasi lebih lanjut mengenai audiensi yang direncanakan.

Menurut informasi yang dihimpun dari Humas UB, Menristekdikti Mohamad Nasir dijadwalkan akan mengunjungi Kampus II Dieng dan Rumah Sakit UB serta menghadiri peresmian gedung dan penandatangan prasasti gedung baru UB. Selain itu, Nasir juga menyambangi Malang untuk meresmikan gedung baru di Politeknik Negeri Malang (Polinema) sekaligus mengisi kuliah tamu. (ara/nur)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.