Akses portal masuk area Gedung Rusunawa dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang terlihat ditutup sejak perkuliahan semester genap dimulai. (Foto: Abdee)

MALANG-KAV.10 Sejak perkuliahan semester genap dimulai, akses jalan menuju Gedung Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) terlihat ditutup menggunakan seutas tali. Otomatis mahasiswa dengan kendaraan bermotor yang biasa lewat atau parkir di depan Gedung UKM harus mengambil jalan memutar melalui Kantin Creative Land (CL).

Menurut Nanda, salah seorang pegiat UKM, kebijakan ini membuat dirinya harus mengambil jalur yang lebih jauh dari biasanya. “Jadi kita harus muter dulu, terlalu jauh,” ungkap mahasiswa FISIP yang juga pengurus UKM Korps Sukarela (KSR) ini. Ia juga menuturkan tidak pernah mengetahui adanya pemberitahuan sebelumnya terkait penutupan akses portal ini.

Ketika dikonfirmasi, Widodo, Wakil Ketua Markas Komando (MAKO) Keamanan UB mengungkapkan ada dua hal yang melatarbelakangi pihak keamanan menutup akses terebut. Pertama, karena daerah tersebut cukup rawan. Kedua, karena kebanyakan mahasiswa parkir di luar portal.

Kebijakan ini menimbulkan polemik baru sebab dengan ditutupnya akses portal, mahasiswa yang menuju UKM harus memarkir kendaraan di dalam portal padahal terpampang rambu-rambu larangan parkir. Terkait hal ini Widodo menyarankan untuk memarkir kendaraan yang dijaga juru parkir (jukir). “Untuk sementara karena kondisinya seperti ini, tidak masalah parkir di dalam sana. Tetapi tetap sebaiknya parkir di tempat yang ada jukirnya. Ini semua demi kebaikan mahasiswa kok,” tambahnya.

Mengenai tidak adanya pemberitahuan, Widodo berdalih pihak keamanan telah memberikan peringatan namun tetap tidak digubris. “Karena sudah berkali-kali kejadian, berkali-kali hilang, berkali-kali kita beri peringatan, kita juga sempat kasih tempelan berupa peringatan,” imbuhnya.

Ia mengatakan penutupan ini bersifat kondisional dan belum jelas akan berlangsung sampai kapan. “Kalau ada wisuda, kami buka. Tetapi untuk hari-hari biasa lebih baik ditutup sebab terlalu rawan,” pungkasnya. (ara/nov/nur)

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.