Alami Kenaikan Calon, Pemilwa FP Makin Sengit

1
1
Suasana Pemilwa FP 2017 yang digelar kemarin (6/12). Foto: Abyan.
Suasana Pemilwa FP 2017 yang digelar kemarin (6/12). Foto: Abyan.

MALANG-KAV.10 Pesta demokrasi Fakultas Pertanian (FP) UB berlangsung hari ini (6/12). Adanya peningkatan jumlah pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden BEM dibanding tahun sebelumnya mengindikasikan persaingan yang semakin sengit. Calon DPM yang bersaing merebutkan tampuk kedaulatan mahasiswa juga meningkat.

Menurut Ketua Pelaksana Pemilihan Wakil Mahasiswa (Pemilwa) FP 2017, Muhamad Kamaludin calon DPM tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya yang berjumlah 9 calon, tahun ini naik menjadi 12 calon. “Bisa dibilang juga tahun ini untuk calon Presiden BEM naik. Tahun kemarin cuma dua tahun ini ada tiga,” imbuh Kamaludin.

Mekanisme baru juga diterapkan dalam Pemilwa FP tahun ini yang menyertakan Wakil Presiden dalam sistem pencalonan. Menurut penuturan Azzam Izzuddin, salah satu calon Presiden BEM FP 2018, tahun lalu Pemilwa hanya memilih Presiden BEM, sedangkan Wakil Presiden beserta kabinet baru disusun setelah calon terpilih resmi dilantik. “Untuk DPM, sejauh ini kita ada sembilan yang akan dimasukan ke anggota DPM nantinya. Kalau tahun-tahun sebelumnya kan ada tujuh,” tutur Azzam.

Meski terlihat perubahan dalam jumlah calon untuk BEM dan DPM, Kamaludin menyebutkan tidak ada perubahan lain yang signifikan dalam sistem dan rangkaian acara Pemilwa tahun ini. Sistem coblos dan sistem penghitungan manual masih digunakan. Rangkaian acaranya pun masih sama mulai dari pengambilan dan pengembalian formulir, fit and proper test, hingga jalannya pemilihan. (nis/rif/nur)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.