Sujiwo Tejo, saat menyampaikan materi dalam Seminar Incredible Brawijaya di Samantha Krida UB selasa kemarin (7/11). Foto: Kathleen.
Sujiwo Tejo, saat menyampaikan materi dalam Seminar Incredible Brawijaya di Samantha Krida UB selasa kemarin (7/11). Foto: Kathleen.

MALANG-KAV.10 Selasa kemarin (7/11), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP UB menggelar seminar Incredible Brawijaya bertema ‘Indonesia Berintegritas di Tahun 2045’. Acara yang digelar di Gedung Samantha Krida UB ini mengundang pembicara Sujiwo Tejo, seorang budayawan kondang dan Morenu Suprapto, Anggota DPR RI yang juga mantan pembalap nasional.

Sujiwo Tejo mengatakan kemajuan Indonesia harus seiring dengan kemajuan integritas kebudayaannya. Budaya yang ia maksud tak melulu kesenian, melainkan mencakup ranah politik, sosial dan ekonomi. Ketiga hal tersebut menurutnya telah berevolusi sedikit demi sedikit. “Semua sudah berevolusi nggak ada yang nggak berevolusi, tetapi nggak tahu arahnya apakah lebih baik atau buruk,” ujarnya.

Indonesia sebagai konsep yang telah tertanam harus terus dipelihara agar menuju Indonesia berintegritas. Untuk menuju tahun 2045 menurutnya Indonesia perlu menyusun konsep, misalnya dengan menguatkan nilai gotong royong yang sudah ada di dalam sendi masyarakat Indonesia. Ia juga berharap generasi muda terus menjiwai Pancasila, dengan tidak hanya berkiblat pada kesenian barat.

“Kalau generasi muda menjadi pemimpin, kalau keseniannya masih receh-receh, ya sorry pasti kinerjanya receh-receh,” ujarnya menggelitik.

Sama dengan Tejo, Moreno Suprapto juga menekankan bahwa untuk mencapai Indonesia Berintegritas, ideologi negara perlu terus dijiwai. Ia berharap agar generasi penerus bangsa mampu menyadari hak dan kewajiban mereka, serta menyadari potensi Indonesia yang mampu dikembangkan menjadi kekuatan.

“Saya yakin kita menuju Indonesia bukan kesiapan ekonomi saja, tetapi berintegrasi penerus yang berintegrasi emas yang sudah pasti tau hak dan kewajiban negara selain pajak, yang taat hukum,” ungkapnya. (spt/kny/nur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.