MALANG-KAV.10 PK2MU (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Universitas) adalah agenda rutin yang diselenggarakan oleh seluruh universitas di Indonesia. Tak terkecuali Universitas Brawijaya, yang penyelenggaraannya dilakukan pada Sabtu kemarin (19/08). Raja Brawijaya, sebutan bagi kegiatan PK2MU UB menjadi acara wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa baru (maba). Konsekuensi maba yang tidak mengikuti rangkaian Raja Brawijaya terancam tidak dapat menjadi pengurus harian organisasi di universitas.

Menurut Peraturan Rektor UB No.32 tahun 2016 tentang Pengenalan Kehidupan Kampus, mahasiswa yang tidak lulus PK2MU tidak dapat menjadi anggota dan pengurus organisasi kemahasiswaaan yang ada di universitas serta tidak dapat memperoleh fasilitas beasiswa, bahkan tidak dapat mengikuti ujian akhir sarjana (ujian skripsi).

Hal ini pun telah diklarifikasi oleh Rektor UB M.Bisri, ketika ditemui dalam konferensi pers PK2MU di Gedung Rektorat UB. “Kita kemarin telah diskusi dengan EM. Salah satu konsekuensinya menurut EM tidak boleh mengikuti kegiatan organisasi-organisasi EM dan BEM, tetapi dalam buku pedoman belum diatur secara rinci,” ujarnya.

Ketua Pelaksana Raja Brawijaya 2017 Azzam Izzudin, ketika diwawancara membenarkan peraturan tersebut. “Karena ini adalah agenda wajib otomatis ada konsekuensinya, seperti yang dicantumkan di SK Rektor,” jelasnya. Azzam juga mengatakan bahwa maba akan diberikan sertifikat sebagai bukti kelulusan. Namun belum bisa dipastikan kapan akan dibagikan sertifikat tersebut. “Bukti lulusnya lewat sertifikat, kalau waktunya kita belum bisa memastikan,” imbuhnya.

Namun ternyata belum banyak maba yang mengetahui konsekuensi absen dari rangkaian Raja Brawijaya ini. Salah satunya Ananda Pricillia, mahasiswa yang tergabung pada cluster  sembilan itu belum mengetahui sepenuhnya tentang konsekuensi tidak mengikuti rangkaian PK2MU. “Enggak tau semuanya, yang aku tau sih katanya itu gak bisa ikut organisasi,” tutur Maba Jurusan Manajemen Informatika ini. (lia/krd/nur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.