MALANG-KAV.10 Permasalahan keterbatasan lahan parkir menantang kreativitas para mahasiswa untuk mencari solusi. Salah satu wujudnya dengan terciptanya aplikasi “Park.me !” yang ikut dipamerkan dalam Festival Karya Brawijaya (FKB) di Gedung Kebudayaan Universitas Brawijaya (25/11).

Park.me! digagas sekelompok mahasiswa Filkom Universitas Brawijaya. “Kami satu tim sekitar 13 orang dari Filkom semua. Awalnya kita cuman iseng-iseng nyari ide sih, nyari permasalahan apa sih yang ada di UB,” ujar Rizky Novriansyah, salah satu penggagas Park.Me!

Rizky mengungkapkan bahwa aplikasi parkir via telepon pintar ini memiliki tiga fitur utama yaitu menemukan lahan parkir, memesan slot parkir yang ada, dan membayar parkir dengan sistem top-up. Seperti sistem top-up pada umumnya, pengguna mengisi saldo dengan kode vocher. Lalu dengan saldo ini, pengguna dapat melakukan payment.

Ket: Tampilan Park.Me pada smartphone yang telah diperbarui dari versi satu (dok.Debbie/Kav.10)
Ket: Tampilan Park.Me pada smartphone yang telah diperbarui dari versi satu. (dok.Debbie/Kav.10)

Aplikasi yang sekarang telah diperbarui versinya ini, telah mendapatkan penghargaan pada acara Compfest 2016 yang di helat Universitas Indonesia dengan membawa pulang posisi juara dua. Sayangnya, produk ini masih prototype karena ada kendala modal dan masih dalam penelitian lebih lanjut sehingga belum dapat dipasarkan  kepada masyarakat. “Ini masih prototype, karena kita masih nyari tau sih seberapa penting sistem ini diterapkan. Kita mungkin juga butuh investor,” jelas Rizky.

Park.me! menyita perhatian dari pengunjung dilihat dari banyaknya pengunjung yang datang dan pergi dari stan ini dan jumlah tempelan stiker favorit yang banyak. “Sistem ini harusnya bisa diterapkan dan dimasalkan buat solusi parkir. Soalnya menurut saya ini membantu banget buat nyari ada gak sih atau tempat parkir mana sih yang masih kosong,” ujar Bhekti Jatining Putri, salah satu pengunjung di stan Park.me! (lia/ain)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.