Ucapan selamat mengalir seiring kita menapaki jenjang baru. Kini kita adalah seseorang yang dikatakan sebagai ‘maha’. Kata yang bermakna besar. Sematan maha pada siswa, diikuti dengan segudang tuntutan. Perubahan menjadi hal yang harus di terima. Menjalani kehidupan mahasiswa tidak lagi sama seperti ketika menjadi siswa.

Karena sudah diterima sebagai mahasiswa, ketika memasuki pintu gerbang universitas hari ini kita tentu ingin diperlakukan sebagai mahasiswa. Diperlakukan secara wajar, layaknya manusia yang beradab. Tapi sayangnya, senyuman menjadi barang mewah hari ini.

PKK MABA 2016 H1

Prosesi pengenalan yang menguras tenaga, pikiran, dan perasaan ini belum selesai. Tiga hari dianggap tidak akan mengubah siswa yang telah purna dari sekolah menjadi mahasiswa begitu saja. Jadi label ‘mahasiswa baru’ akan melekat setidaknya untuk hidup di kampus ini satu tahun kedepan. Maka tarik nafas dalam-dalam dan siapkan mental menerima teriakan-teriakan itu.

Keterbukaan, demokratis, dan humanis menjadi tiga asas yang wajib dilakukan dalam melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKK MABA).  Asas tersebut tertuang dalam Panduan dari keputusan Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia tahun 2016 yang seharusnya menjadi acuan bagi panitia penyelenggara PKK MABA.

AsPKK MABA 2016 H2as humanis yang ditekankan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mensyaratkan PKK MABA harus berprinsip persaudaraan dan anti kekerasan. PKK MABA harus steril dari kekerasan fisik maupun psikis. Hal ini penting untuk mendorong mahasiswa baru (maba) agar memiliki rasa percaya diri.

Sebagai mahasiswa, tidak peduli lama atau baru, kita sama-sama sudah dewasa. Hak kita untuk berpikir kritis dan bebas. Hak kita mempertanyakan atas apa yang terjadi hari ini. Pelajaran pertama sebagai mahasiswa, keadilan tidak didapat dengan hanya diam.

Kami rangkum berbagai kejadian seputar PKK MABA 2016 mulai dari upacara penyambutan hingga pelaksanaan PKK MABA Fakultas yang berlangsung Rabu, 31 Agustus 2016 dan Kamis, 1 September 2016 melalui Jurnal PKK MABA 2016. Cari tahu dan unduh tiga hari kegiatan PKK MABA lewat tautan yang telah tersedia. Selamat membaca.

Jurnal PKK MABA 2016 Selasa, 30 Agustus 2016 [Unduh]

Jurnal PKK MABA 2016 Rabu, 31 Agustus 2016 [Unduh]

Jurnal PKK MABA 2016 Kamis, 1 September 2016 [Unduh]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.