FK Tuan Rumah SBMPTN CBT UB

MALANG-KAV.10  Sebanyak 30 PTN di Indonesia menyelenggarakan SBMPTN Computer Based System (CBT) untuk pertama kalinya pada 31 Mei 2016. Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK UB) menjadi lokasi ujian SBMPTN CBT di Malang untuk bidang Sains Teknologi (Saintek).

Mengenai kesiapan FK UB, Heri Prawoto Widodo selaku Kasubag Perencanaan UB mengatakan UB telah siap dalam pelaksanaan yang akan diselenggarakan serentak di beberapa PTN seluruh Indonesia. “Jadi kita sudah menyiapkan komputer, jaringan dan juga fasilitas pendukung yang ada di Fakultas Kedokteran,” jelas Heri ketika ditemui di Gedung Rektorat UB (25/5).

Lebih lanjut, Heri menjelaskan ada 160 komputer yang dialokasikan untuk ujian semua komputer tersebut milik FK UB. Ia menjelaskan terpilihnya FK UB sebagai lokasi ujian karena kuantitas komputer dan fasilitas yang mendukung untuk digunakan ujian SBMPTN CBT, dibandingkan fakultas lain di UB.

“Kita tidak mau terpecah-pecah, kan nggak mungkin komputer disiapin di satu tempat. Jaringannya juga ribet, pengelolaannya juga rumit, akhirnya yang tersedia dan siap yang  dipakai. Jadi tidak memaksakan diri untuk lebih banyak (menggunakan komputer.red) lagi walaupun komputer di Brawijaya banyak, tetapi tidak mau beresiko untuk menghandle banyak,” ujar Heri.

Heri menambahkan akan mengantisipasi kendala listrik mati yang mungkin akan terjadi ketika pelaksanaan ujian. “Jadi secara sistem, komputer sudah kita siapkan, tapi secara aplikasi itu kan bukan dari kita. Aplikasinya langsung dari Dikti,” paparnya. UB telah menyiapkan tim yang menghimpun permasalahan-permasalah yang mungkin akan terjadi ketika pelaksaan ujian yang terdiri dari tim IT dan PPTI (Pusat Pengembangan Teknologi Informasi). (na/ain)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.