Warga Desa Ngijo Semangat Ikuti Pilkada

suasana pemilhan di Desa Ngijo, Karang Ploso
suasana pemilhan di Desa Ngijo, Karang Ploso

MALANG-KAV.10 Pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah dimulai serentak di setiap daerah di Indonesia, tidak terkecuali di Desa Ngijo, Kecamatan Karang Ploso, Kabupaten Malang. Pada pukul 11.35 WIB sudah terkumpul hampir 60% suara.”Animo masyarakat sangat tinggi, tadi pagi sempat ada antrian panjang ketika pencoblosan.”ujar Kusmawan, Rabu (9/12).

Rata-rata masyarakat yang berada disekitaran TPS 01 menggunakan hak suaranya ketika pagi hari dikarenakan adanya kesibukan pekerjaan. Berbeda dengan Aprilia salah satu pemilih di TPS 01, Dia melakukan pemilihan pada siang hari.

“Kalau pagi hari saya sibuk, harus melakukan banyak pekerjaan rumah. Makannya milih siang hari, lagian TPS nya juga sudah sepi,”ujar wanita berusia 26 tahun tersebut.

Desa Ngijo mempunyai 11 TPS yang tersebar di beberapa RT/RW. Menurut keterangan dari Kusmawan di Desa Ngijo terdapat 661 daftar pemilih tetap (DPT) yang terdiri dari 342 laki-laki dan 319 perempuan.

Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) di Desa Ngijo mengungkapkan bahwa dari TPS 01 hingga TPS 14, semuanya berjalan dengan lancar dan aman.“Kami benar-benar mengawal jalannya Pemilukada ini dengan sangat ketat. Dibantu oleh banyak elemen masyarakat, termasuk pihak kepolisian,” jelasnya.

Namun ada juga beberapa TPS yang sepi pemilih, khususnya di daerah perumahan. Isman selaku Panwaslu desa Ngijo mengatakan bahwa di daerah tersebut dekorasi dari tempat pemungutan suara nampak mewah, terlihat dari tenda yang dipasang sedemikian rupa sehingga terlihat menarik. “Padahal di TPS 14 dekorasinya bagus tapi tetap saja sepi pemilih,” pungkasnya. (asy/sif/ziz)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.