Banjir Genangi Jalan Sukarno Hatta

MALANG-KAV.10 Banjir setinggi lutut orang dewasa terjadi di Jalan Soekarno Hatta, depan gerai PizzaHut pada Senin (30/11), pukul 15.00 WIB. Saksi mata Budi Sudiono mengatakan banjir hanya terjadi selang seperempat jam setelah turun hujan.Lebih dari sepuluh pengendara sepeda motor terpaksa berhenti karena mesinnya mogok. Dua mobil berhenti total dan satu diantaranya harus di dorong oleh sejumlah pengguna jalan yang sedang menepi.

Rizky Aryani, salah seorang pengguna jalan yang sedang berteduh di depan gerai Pizza Hut mengungkapkan banjir tersebut disebabkan oleh tersumbatnya aliran air di sepanjang ruas jalan. “Airnya nyumbat, nggak bisa masuk ke aliran selokan karena banyak sampahnya. ” ujarnya.

Sementara dikonfimasi mengenai masalah sampah yang menjadi penyebab utama banjir , Humas DKP Kota Malang Sugeng S menjelaskan pemerintah sudah semaksimal mungkin dalam menangani kasus tersebut. Pemerintah sudah memfasilitasi dengan memperkejakan banyak tenaga kebersihan. Dari mulai pengumpul sampah rumah tangga hingga membawanya ke TPS.

Menurutnya, masalah banjir bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah namun juga semua komponen masyarakat. “Masyarakat masih jauh dari kepedulian terkait dengan sampah, contoh masyarakat yang hidup disekitar aliran sungai membuang sampah di sungai. Kepedulian masyarakat terhadap sampah tidak kondusif dengan banyaknya sampah yang ada. Jadi, tidak bisa semata-mata hanya mengandalkan pemerintah. ” tuturnya.

Banjir tersebut berdurasi kurang lebih tiga jam sampai aliran air surut sebelum pukul 17.00 WIB. Selain menimbulkan kemacetan di sepanjang Jalan Sukarno Hatta, banjir tersebut juga menyebabkan sungai di dekat daerah Sukarno Hatta meluap. (sif/miy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.