Sekjen PPMI Malang: Aparat Keamanan Kekanak-kanakan

MALANG.KAV-10 Pemberedelan Majalah Lentera mendapat perhatian serius dari Lembaga Pers Mahasiswa (LPM). Sekjen Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) Dewan Kota Malang Ari Yanuar Hidayat pun menilai aparat keamanan bertindak gegabah dan kekanak-kanakkan.

“Terlepas dari tema dan konten berita yang diangkat dianggap terlalu sensitif, kita juga tidak mengamini jika kita berafiliasi pada pemikiran apapun, kita lebih mengedepankan pada pengekangan berpikir di ranah pendidikan tinggi,” ungkapnya dalam pesan singkat, Senin (19/10).

Mahasiswa yang akrab disapa Yan tersebut menambahkan bahwa tindakan represif aparat justru semakin membuat gejolak masyarakat kian tinggi dalam memandang hal yg dianggap sensitif.

Pernyataan tersebut disampaikannya mengingat produk jurnalistik telah mengalami proses verifikasi panjang sebelum naik cetak.

“Makanya pentingnya kekuatan bersama dalam proses pengawalan, dan kita berharap LPM mengangkat lewat berita, karena kekuatan jejaring viral akan lebih masif dan maksimal dilakukan,” katanya.

Dikutip dari laman persma.org, majalah Lentera yang telah diedarkan di Kota Salatiga dan kota sekitarnya, dipaksa untuk ditarik lagi oleh birokrasi kampus.

Penarikan tersebut berdasarkan pertemuan antara pengurus LPM Lentera dengan Rektor Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Pembantu Rektor II UKSW, Dekan Fiskom UKSW, dan Koordinator Bidang Kemahasiswaan (Koorbidkem) di Gedung Administrasi Pusat UKSW pukul 21.00 WIB, pada Jumat 16 Oktober 2015.

Ketika pengurus LPM Lentera hendak mengambil majalah di salah satu agen majalah Lentera di Salatiga, pihak Kepolisian Resor (Polres) Salatiga lebih dulu mengambil majalah Lentera, tepatnya pada Sabtu 17 Oktober 2015.

Tanpa adanya surat pemanggilan, pada Minggu 18 Oktober 2015, Arista Ayu Nanda (Pemimpin Umum Lentera), Bima Satria Putra (Pimpinan Redaksi Lentera), dan Septi Dwi Astuti (Bendahara LPM Lentera), diminta datang ke Polres Salatiga untuk memberi keterangan soal penerbitan majalah itu. (miy/eff/persma)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.