MALANG KAV. 10 Dalam serangkaian acara PKK-Maba tahun 2015 ini, Fakultas Teknik (FT) melangsungkan kegiatan yang sedikit berbeda dari fakultas lain. PKK-Maba Teknik sudah diisi dengan PKK-Maba jurusan. Seperti yang dinyatakan oleh Pembantu Dekan (PD) III FT, Slamet Wahyudi.

“Fakultas Teknik itu berbeda dengan fakultas lain. Fakultas Teknik itu kan satu hari pertama full fakultas. Untuk hari kedua, sudah diserahkan ke himpunan dan jurusan,” tuturnya.Di FT itu sendiri terdapat 7 jurusan dan 1 prodi. Tujuh jurusan tersebut meliputi: Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Pengairan, Teknik Arsitektur, Perencanaan Wilayah Kota (PWK), Teknik Elektro, dan Teknik Sipil.

Sedangkan 1 prodi tersebut adalah Teknik Kimia. Dari masing-masing jurusan tersebut, terlihat hari ini bahwa para panitia jurusan telah mengambil alih untuk mengendalikan masing-masing Maba-nya.

Rizqi Gumilang selaku Ketua Pelaksana Mahasiswa pada PKK-Maba FT 2015 memberikan alasan terkait konsep PKK-Maba yang sedikit berbeda dari tahun kemarin. Selain itu Rizqi juga membenarkan pernyataan dari PD III Teknik bahwa PKK-Maba Teknik berbeda dari fakultas lain.

Rizqi mengatakan bahwa konsep yang digunakan harus lebih relevan. “Karena jika pembagian antara PKK-Maba fakultas dan PKK-Maba jurusan tidak seimbang, maka materi yang diberikan kepada Maba menjadi tidak istimewa lagi karena cenderung diulang-ulang,” ujar mahasiswa jurusan Teknik Mesin 2013 tersebut.

Konsep yang berbeda ini sepenuhnya merupakan konsep dari panitia mahasiswa. Karena meski Ketua Pelaksana utama PKK-Maba Teknik dipegang oleh PD III FT, namun untuk konsep, teknis, dan pelaksanaan sepenuhnya diatur oleh mahasiswa.

Slamet Wahyudi pun membenarkan hal ini dan menambahkan “Meski sepenuhnya di konsepkan oleh mahasiswa, namun untuk tahun ini, pihak dekanat sangat mendukung dan telah berkoordinasi baik dengan BEM,” ujarnya. Kegiatan jurusan tersebut akan dilaksanakan sehari penuh setelah sebelumnya aktivitas PKK-Maba dipegang oleh ranah fakultas. (hun/miy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.