MALANG-KAV.10 Membawa misi untuk mencetak tenaga kesehatan professional dan beretika, maba FK mendapat “sarapan pagi” materi yang menarik dari dr. Eriko Prawestiningtyas.

Menjadi calon tenaga kesehatan yang professional harus diniatkan dari sekarang dan dimulai dengan disiplin. Lewat lagu anak-anak yang berjudul Bangun Tidur, Eriko membawa Kolega 2015 belajar arti disiplin yang berbeda melalui sedikit rombakan pada lirik lagu tersebut.

“Disiplin sebagai anak-anak berbeda dengan disiplin sebagai orang dewasa,” ucap Eriko.

Tidak cukup hanya disiplin, maba FK perlu memiliki etika yang baik. Lebih utama lagi, Eriko menjelaskan, kerja dokter merupakan kerja dengan 3 H yakni head, hand, dan heart.

Melihat fenomena dokter saat ini yang menyimpang karena iming-iming materi, Eriko berpesan agar maba tetap mengutamakan kepentingan pasien.

“Hargailah pasien seperti pasien menghargai profesi adik-adik,” ujar Eriko. “Ketika mengobati pasien, kembalikan perasaan pasien seperti ketika adik-adik sedang sakit. Coba seperti apa adik-adik ingin diperlakukan?” tanya dokter spesialis forensik tersebut.

Eriko menambahkan agar Maba FK selalu bantu-membantu dalam hal kebaikan, tulus kasih, dan empati.

Melalui PKK-Maba FK, Eriko berharap Maba dapat lebih cepat menyesuaikan diri dari siswa SMA menjadi mahasiswa. Ia menerangkan bahwa kini Maba memiliki tanggung jawab yang lebih dibanding saat menjadi siswa.

Safira Amanda salah satu mahasiswa baru FK mengungkapkan memang butuh penyesuaian dari siswa SMA menjadi mahasiswa.

“Dulu ketika masih siswa kan masih ada guru yang membimbing, kalo mahasiswa sudah harus bisa memahami sendiri,” kata Safira. Ia berharap, PKK-Maba ini bisa membantu Maba untuk lebih cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Ia sepakat seandainya PKK-Maba di FK dapat berlangsung selama satu semester.

Rangkaian PKK-Maba di Fakultas Kedokteran (FK) UB diikuti lebih kurang 850 mahasiswa baru. Setelah dua hari mengikuti PKK-MU dan PKK-Maba, Kolega 2015, julukan untuk mahasiswa baru FK, Kamis (3/9) dibagi dua kelompok besar. Masing-masing kelompok kemudian diberi materi sama di Graha Medika dan Gedung Faal FK UB.(ain/ard)

 

 

 

Disiplin,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.