MALANG-KAV.10 Hari terakhir PKK-Maba Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) diserahkan ke masing-masing jurusan di fakultas tersebut. Ada tiga jurusan, antara lain Teknologi Industri Pertanian (TIP), Keteknikan Pertanian (TEP), dan Teknologi Hasil Pertanian (THP). Kebijakan ini sudah dimulai sejak tahun 2014 atas persetujuan Wakil Dekan III FTP yang berkaca pada perubahan SK Rektor. Hal ini diharapkan dapat memberikan ruang bagi panitia jurusan dalam mengenalkan jurusan masing-masing.

Sesuai dengan jurusan, PKK-Maba FTP diadakan di tiga tempat yang berbeda. Jurusan TIP bertempat di Gedung Widyaloka, TEP di Aula FTP, dan THP di Samantha Krida. Ketiga jurusan tersebut berorientasi memberikan materi tentang akademik.

Dibanding tahun sebelumnya, jurusan TIP mempunyai inovasi baru berupa lomba business plan untuk Maba. Metode yang dipakai menggunakan model kanvas. Berbekal satu lembar kertas A3, nantinya kertas dibagi menjadi sembilan. “Mereka harus sudah merampungkan semua mulai dari bahan baku sampai sasaran target penjualan dalam satu hari,” ujar Bayu Anggito Nugroho selaku Ketua Pelaksana (Kapel) jurusan TIP.

Menurut Faisal Yuandi Riski Akbar selaku kapel TEP, menuturkan pemberian materi dikemas dalam bentuk talk show dan seminar. Berbeda lagi dengan jurusan THP, penyampaian materi dipadukan dengan games. “Semacam ada Tarzan yang kesusahan mencari bahan pangan, adik-adik diajak untuk problem solving,” tutur Kapel jurusan THP, Dendy Fernando.

Di hari yang sama, PKK-Maba FTP bebarengan dengan kegiatan Development Basketball League (DBL). Meski DBL baru dimulai setelah maghrib, namun supporter diperkirakan sudah berdatangan saat sore hari, ketika pengkondisian Maba untuk pulang. “Kita mau pengkondisian pulang dilihat orang luar kan juga nggak enak,” ujar mahasiswa angkatan 2014 ini. Saat berlangsung kegiatan pengenalan kehidupan kampus seperti ini, Dendy berharap, UB meniadakan acara lain. (bun/ely)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.