pembukaan POMDA Jatim ke-14 dihibur Marching Band Ekalavya UB (foto: dokumentasi Kavling10/ainun)
pembukaan POMDA Jatim ke-14 dihibur Marching Band Ekalavya UB (foto: dokumentasi Kavling10/ainun)

MALANG-KAV.10 Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah Jawa Timur (POMDA Jatim) menjadi ajang unjuk prestasi bagi atlet mahasiswa di Jawa Timur. Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (Bapomi) Jawa Timur juga menjadikan POMDA Jawa Timur sebagai wadah untuk seleksi atlet daerah Jawa Timur yang akan dikirim mengikuti Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) di Aceh. Rencananya Jawa Timur akan mengirimkan 275 atlet mahasiswa untuk POMNAS pada bulan September nanti.

Sebanyak 14 cabang olahraga dilombakan dalam POMDA Jawa Timur ke-14. Hari ini pembukaan dilaksanakan di Universitas Brawijaya Malang (1/8) yang menjadi tuan rumah untuk kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari tersebut. Namun, hanya cabang olahraga karate yang akan dipertandingkan di Brawijaya besok. Sedangkan 13 cabang olahraga lain pelaksanaannya tersebar di beberapa universitas di wilayah Jawa Timur

Meski upacara pembukaan sepi penonton, atlet mahasiswa dari berbagai universitas di Jawa Timur tetap antusias untuk bertanding dalam POMDA Jatim. Hal ini seperti diungkapkan Ita Cintya Purnama, salah satu atlet karate dari Universitas Abdurahman Saleh Situbondo. “Kami mengikuti POMDA ini ya untuk meningkatkan prestasi kami dan memberi nama harum bagi universitas,” ujar Ita. Mahasiswi PGSD tersebut juga mengatakan telah mempersiapkan diri sejak lama dan tetap berlatih walaupun sedang liburan semester.

Ketua umum Bapomi daerah Jawa Timur, Achmad Syahrani, dalam pidato pembukaan mengungkapkan bahwa penjaringan atlet dari kalangan mahasiswa di Jawa Timur perlu ditingkatkan. “Kami tentu akan senang dapat membantu para atlet mahasiswa untuk berprestasi,” ujarnya. Dalam kesempatan tersebut, ia mengakui sempat kecolongan karena tidak mengetahui adanya mahasiswa di Jawa Timur yang ternyata memiliki prestasi olahraga hingga tingkat Asia (ain/ziz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.