Depok — Kav.10. Keresahan muncul di kalangan guru dan masyarakat sekitar Taman Lembah Gurame Depok. Banyak anak usia sekolah asyik menghisap rokok di kawasan komplek pendidikan Sekolah Dasar ini, Sabtu (16/8).
Kiki Tazkiah, salah satu guru di SDN Depok Baru 07, menghawatirkan, pemandangan ini bisa merangsang anak-anak usia sekolah lainnya untuk meniru perbuatan mereka.
Belum lagi, taman ini berbatasan langsung dengan Sekolah Dasar (SD) dan sering dikunjugi masyarakat, utamanya para pelajar SD.
Dia mengakui, minim pengawasan terhadap perilaku para pelajar perokok tersebut.
“Guru sudah mengawasi, tapi tidak sampai dua puluh empat jam. Butuh peran serta masyarakat dan orangtua juga. Apalagi jarak tempatnya dekat seperti ini,” tuturnya ketika diwawancarai pada perlombaan memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 di SDN Depok Baru 07.
Taman Lembah Gurame sendiri tidak memiliki pengawasan ketat seperti di sekolah, mengingat wilayah ini memang difungsikan sebagai ruang publik bagi masyarakat.
Komentar serupa juga diungkapkan Rosdiana, seorang pengunjung taman. Kelengahan pengawasan tidak bisa dilimpahkan hanya kepada pihak keamanan setempat.
“Mungkin banyak tontonan yang tidak mendidik di televisi. Apapun itu, harusnya menjadi koreksi buat kita semua,” ungkapnya. (dya/eff)

 

 

 

sumber foto: http://dinkes.sijunjung.go.id/foto_berita/79rokok.jpg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.