Haroki A.Mardai

 

Akan ku perkenalkan kepadamu tentang Anjing Kurap. Anjing yang lebih cepat mengikutiku bahkan dari bayang bayangku. Sebenarnya aku tidak terlalu suka dengan Anjing, meskipun banyak orang mengatakan bahwa Anjing itu lucu , penurut bahkan enak untuk di makan. Tetapi Anjing tetaplah Anjing, Anjing yang penurut mungkin adalah Anjing yang kehilangan identitas ke Anjingannya. Seperti Anjing Kurap yang satu ini,  yang mengikutiku kemanapun aku pergi bahkan seperti kataku tadi lebih cepat dari bayang bayangku.

“ Heh Anjing jangan malu maluin dong, udah buluk, dekil, kucel, gembrot lagi, pergi sana  “ Memang tidak semua Anjing mengerti bahasa manusia. Tetapi lain halnya dengan Anjing kurap yang satu ini, meskipun aku mengusirnya ia tidak mau pergi dan justru malah  senyam senyum dengan menaikkan kedua alis matanya padaku.

“ Heh sok imut banget sih, pergi sana “ Tetapi Anjing itu tidak mau pergi,  ia hanya berlari ke samping tembok sambil mengintip “ Cilup ba , cilup ba “ , “ Dia pikir aku sedang main main apa.“ Setelah sekiranya aku menyerah untuk mengusirnya , Anjing Kurap itu kembali mengikutiku. Tentu hal ini membuat semua orang menatapku dengan pandangan yang tidak enak.

“ Nih orang jorok banget yak, punya peliharaan kagak pernah di rawat “

Begitulah Anjing kurap itu selalu mengikutiku bahkan lebih cepat dari bayang bayangku. Anjing ini seperti tidak memiliki teman sesama Anjing. Meskipun  terkadang Anjing kurap yang satu ini tidak tahu diri, langkahnya  kerap berhenti ketika melihat seeokor Anjing betina dengan bulu putih lebat yang hampir  menutupi wajahnya. Meskipun Aku tidak terlalu memahami bahasa Anjing, tetapi aku dapat mengerti bahwa Anjing ini ingin Ereksi .

“ Dasar Anjing kurapan “ .

Anjing ini pasti lelaki dan se Anjing anjingnya lelaki masih Anjingan Anjing lelaki . Anjing segembel ini mana mungkin ada yang mau, kecuali jika ia telah melakukan perawatan seminggu sekali di tempat perawatan Anjing . Tetapi siapakah yang mau merawatnya , Anjing kurap tetaplah kurap, seperti halnya kutil tetaplah kutil. Sebenarnya apa yang di inginkan Anjing kurap ini dariku. Mengapa ia terus menerus mengikutiku, aku bukanlah orang kaya yang seminggu sekali dapat membawanya ke perawatan Anjing , bukan juga orang yang terbiasa berbagi uang untuk membeli makanan Anjing . Jika ibuku tau aku memelihara seekor Anjing , mungkin dia akan menyuruhku kawin dengan Anjing itu .

“ Tiga puluh tahun gak pernah punya pacar, gebetan jelek semua, sono kawin aja sama Anjing “ .

“ Ini kan Anjing jantan mak “

“ Bodo Amat “

Begitulah Anjing kurap selalu mengendap endap, mengintip intip, mengejar ngejar, tiada lelahnya. Dan di suatu hari yang cerah, aku menemukan Anjing Kurap ini tidak memakan makanan Anjing seperti daging dan semacamnya , yang ia makan adalah celana dalam wanita . Ia sering melompat lompat pagar seenak jidatnya ke rumah tetangga dan  kebetulan tetangga di sebelah rumahku ini memang seorang perempuan . Tidak perlu aku katakan tetanggaku ini cantik atau tidak , aku tidak bisa menilai kecantikan wanita berdasar paras wajahnya , itu tidak adil , yang jelas aku tidak memiliki perasaan pada perempuan itu  ku ulang sekali lagi aku tidak memiliki perasaan padanya . Tetapi Anjing kurap ini sepertinya memiliki perasaan padanya . Entah mengapa Anjing Kurap selalu mengikutiku tetapi selalu saja mengintip Perempuan itu ketika menjemur pakaian . Dan memakan celana celana dalamnya .

“ Heh Anjing , kamu tuh Anjing , bukan manusia , jangan suka ngintip ngintip deh , Srintil udah punya orang  “ .

Jika sudah begitu ia akan melototkan matanya padaku dan seperti mengatakan sesuatu

“ Anjing lu “ , “ Dasar Anjing teriak Anjing “ .

Mungkin memang benar , Anjing itu sepertinya bukan Anjing biasa , ia seperti Anjing yang di ciptakan dengan nafsu ganda . Kepada sesama Anjing dan kepada manusia . Jadi aku akan dapat mengelak bahwa Anjing kurap ini bukanlah seekor Anjing Homo .

Lewat internet aku mencari info tentang Anjing Kurap yang selalu mengikuti seseorang , Anjing macam apakah itu ? . Jika ia seekor Anjing siluman tentu ia akan cukup jeli memilih mangsa , tidak kepada lelaki lemah dan kurus sepertiku . Anjing kesepian tentu mengerti mana yang membuatnya lebih bahagia dan mana yang tidak . Tetapi Anjing ini tidak mau pergi , ia akan selalu duduk di teras rumah sampai pagi , sampai menjelang malam terulang kembali .

“ Hai Anjing , darimanakah kamu berasal “

“ Apakah kamu juga ciptaan tuhan “

“ Kenapa kamu lebih suka memakan celana dalam wanita dari pada daging , tulang dan   lain sebagainya , dan mengapa kamu menolak mentah mentah celana dalamku , itu penghinaan besar wahai Anjing , yah meskipun aku membelinya dengan harga lima belas ribu isi tiga “

“ Anjing kenapa kamu kurap , kenapa gigimu kuning , kenapa matamu bele’an , kenapa bulumu jelek sejelek keset yang paling jelek “ .

“  Hai Anjing kenapa kamu bernafsu sekali dengan perempuan itu “ .

“ Dasar Anjing “ .

Jika di bilang begitu Anjing itu langsung sedih , seperti menyesali perbuatannya , seperti memohon ampun dan lain sebagainnya atau mungkin itu perasaanku saja yang berlebih lebihan .

Tetapi semakin hari semakin banyak Anjing Kurap yang mengikutiku , satu , dua tiga dan semakin hari semakin banyak Anjing membuntutiku bahkan lebih cepat dari bayang bayangku . Di dalam pertokoan Anjing Anjing itu untungnya di larang masuk , tetapi yang namanya Anjing tetaplah Anjing , ia akan dapat masuk dengan berbagai macam cara . Ketika di dalam toilet Anjing pertama akan masuk dari bawah , anjing kedua dan seterusnya akan naik ke atap dan masuk dari atas . Seperti biasa Anjing Anjing itu sok asik , mengedip ngedipkan matalah , senyam senyumlah , mesam mesemlah .

“ Bangsaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat “ .

Sekarang mungkin aku tau mengapa Anjing Anjing itu mengikutiku , setelah aku membaca baca artikel tentang mengapa Anjing Kurap selalu mengikuti seseorang . Cerita itu bermula pada sebuah masa di mana dunia yang di liputi oleh cinta dan kasih sayang . Semua orang mendapat cintanya masing masing dan semua orang merasa bahagia kecuali Beras Kencur . Beras Kencur adalah satu satunya lelaki yang di pilih oleh tuhan untuk tidak dapat jatuh cinta dan memiliki pasangan meskipun ia sangat tampan . Dia merasa Tuhan memang tidak adil tetapi ia memilih untuk tenang tenang saja “ Untung aku ini tidak dapat jatuh cinta , yah meskipun begitu aku tidak perlu iri kepada orang lain “ . Namun Beras kencur tidak pernah tahu bahwa banyak sekali lelaki yang sangat membecinya , meskipun ia tidak merasa berbuat salah kepada mereka . Pada suatu malam ketika beras kencur sedang tidur dan bermimpi tentang domba domba peliharaannya yang sedang memakan rerumputan terbaik di tanah lapang  taman firdaus . Ia di sekap , di tangkap dan di seret ke tengah kota , di ikat di sebuah tiang gantungan besar . Semua lelaki keluar dari rumahnya dan berkumpul mencaci maki Beras kencur . Sedangkan perempuan perempuan mereka hanya menangis tanpa dapat berkata kata

“ Lelaki bangsaaaaaaaaaaaaaaat , tidak tahu diri “

“ Bunuh , bunuh , bakar , gantung “

Beras kencur tidak mengerti dosa dan kesalahan apa yang telah ia perbuat . Sedemikian tidak adilkan tuhan kepadanya . Tuhan telah tidak menganugerahkan cinta kepadanya seperti semua lelaki di negeri itu , tetapi orang orang yang telah di anugerahi cinta malah hendak menyiksanya . Ujian semacam apakah yang telah menimpanya ini  .

Sebelum kepalanya di penggal , Beras Kencur bertanya pada salah satu diantara mereka , apa kesalahannnya . Akan tetapi semua lelaki di sana malah menertawainya . Beras Kencur di telanjangi , ia di lempari berbagai macam kotoran hewan dan manusia serta benda benda keras lainnya . Kemudian seseorang yang mengatasnamakan diri sebagai Hakim datang dari pegadilan yang paling tidak adil , membacakan kasus kasus serta kesalahannya  .

“ Beras kencur , anda di nyatakan bersalah oleh karena telah meresahkan banyak lelaki di kota ini . Anda telah melanggar tata tertib dunia yang di liputi oleh kasih sayang ini sementara anda sendiri tidak pernah memiliki kekasih , seperti yang anda tahu , tidak memilki kekasih atau pasangan di negeri ini hukumnya haram . Dan bersamaan dengan itu anda telah di duga menyayangi perempuan perempuan milik orang lain dan telah melakukan tindakan kriminal paling besar di abad ini , yakni membuat para lelaki cemburu dengan anda . Dengan ini bertepatan pada pukul 29.00 atas nama keamanan dan menjaga kenyamanan bersama , saudara Beras Kencur akan segera di jatuhi hukuman mati “ .

Bersamaan dengan putusan hakim , ribuan lelaki yang telah berkumpul begitu cepatnya di tengah tengah kota itu bersorak sorai , bergembira dan bersuka cita . Beras kencur menangis , ia tidak tahu apa yang sebenarnya telah terjadi . Ia tidak pernah merasa mencintai , menyayangi gadis gadis yang bukan miliknya . Untuk itulah ia bersumpah sebelum kematiannya semua lelaki di dunia yang di liputi cinta dan kasih sayang ini akan di hancurkan oleh kecemburuan itu sendiri . Dimana mana orang akan saling cemburu mencemburui , mereka akan memaksakan sesuatu yang sebenarnya tidak terjadi seolah olah terjadi , rasa saling cemburu pada akhirnya membelenggu setiap manusia yang di duga mengusik hak milikinya , manusia bermain main dengan prasangkanya sendiri padahal ia tidak dapat membuktikan tuduhan tuduhannya , akibatnya manusia atau lelaki lelaki pencemburu itu akan mati oleh rasa takut dan khawatir yang di ciptkaknnya sendiri , oleh karena rasa cemburu selalu menghadirkan kebencian demi kebencian dan mereka akan kalah oleh ketakutannya . Beras kencur akan bersumpah untuk mengutuk semua lelaki pencemburu yang hendak membunuhnya ini menjadi seekor Anjing Kurap . Ini memang cerita yang konyol , sekonyol konyolnya cerita yang pernah ia baca , lebih konyolan yang ini .

“ Pencemburu memang seperti Anjing “ .

“ Hei Anjing , apakah dulu kalian adalah lelaki yang pencemburu “ Kataku kepada Anjing Anjing yang masih berada di luar rumahku itu .

“ Cemburu sih wajar , tapi jangan berlebihan , seperti lemak dalam tubuh , tidak baik buat kesehatan “ . Anjing Anjing itu malah malu malu anjing .

“ Kamu harus belajar jadi dewasa njing , kamu harus dapat membedakan mana persahabatan dan mana yang cinta . Kamu tidak boleh membenci seseorang hanya karena kamu cemburu pada seseorang , berarti kamu merasa dirimu kalah keren dengan seseorang itu “

Anjing Anjing Kurap itu menangis

“  Aku tau njing , kalian memang Anjing paling jelek yang pernah aku temui . Aku turut berduka atas kutukan ini , Apakah semasa manusia kalian pernah juga mencemburuiku “ .

“ Siapa gadis yang membuat kalian cemburu padaku , baiklah jika kau pernah cemburu padaku akan aku sebutkan gadis yang pernah aku cintai satu persatu . Yang pertama Maudy Ayunda apa kalian kenal njing “ .

Anjing anjing itu hanya diam .

“ Baiklah yang kedua Pevita Pearce apa kalian kenal njing “

Anjing Anjing itu hanya diam .

“ Baiklah yang ketiga Julia Estelle apa kau kenal njing “

Anjing Anjing itu hanya diam .

“ Baiklah yang ke empat Chelsea Islan apa kau kenal njing “

Anjing Anjing itu hanya diam .

“ Baiklah yang terakhir Claudya Chinyta Bella apa kau kenal njing “

Anjing Anjing itu hanya diam .

“ Dasar Anjing Kurap pantas saja kalian di kutuk menjadi Anjing , Kalian lelaki pencemburu yang berlebihan “ .

“ Selain kelima wanita itu aku tidak memiliki perasaan apa apa pada yang lain njing , aku juga tidak pernah merasa mengutuk kalian , aku memang pernah di cemburui oleh beberapa lelaki di dunia ini karena pacarnya dekat denganku , itu baru pacar lo Njing , belum kawin , mereka sudah seperti fasis yang membelenggu kemerdekaan pasangannya sendiri dan itu sangat menyebalkan njing , padahal aku cuma berteman biasa dengan mereka , apakah mereka ada diantara kalian njing . Mungkin ini semacam hukuman njing , ingatlah kalau kalian cemburu pada seseorang , jangan menyebarkan kebencian kepada orang lain . Kalian harus percaya diri bahwa kalian lebih hebat dan lebih keren dari pada orang yang kalian cemburui itu  . Untuk persoalan lima wanita yang ku sebutkan tadi njing , aku tidak pernah mendapatkan meraka , entah kenapa meraka tidak suka padaku , padahal aku ini lelaki yang sangat tampan dan super kece  “  Untuk membuktikan ketampananku pada diriku sendiri aku melihat wajahku di depan cermin . Tetapi aku tidak menemui wajahku sendiri di depan cermin itu yang aku temui hanyalah wajah

“ Anjiiiiiing ”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.