salah satu stand yang menampilkan budaya jepangMALANG-KAV.10 Salah satu acara yang dianggap sebagai festival Jepang terbesar se-Jawa Timur, diselenggarakan di Universitas Brawijaya selama dua hari berturut-turut, dimulai pada tanggal 9 Mei 2015 dan berpuncak pada hari selanjutnya. Acara yang bernamakan “Isshoni Tanoshimimasou” ini merupakan festival tahunan di Jurusan Sastra Jepang, Fakultas Ilmu dan Budaya (FIB). Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya Jepang kepada masyarakat terutama mahasiswa Brawijaya.

Yang membedakan acara ini dengan acara lain di Universitas Brawijaya adalah sasaran pengunjung yang mencakup hampir seluruh Indonesia. Hal ini dikarenakan publikasi yang dilakukan oleh panitia tidak hanya di kota Malang, melainkan juga ke daerah asal masing-masing panitia. Selain itu, pihak yang memberikan sponsor juga tidak hanya berasal dari kota Malang, seperti perusahaan pertambangan emas Nusa Tenggara Barat yang menjadi sponsor utama dari festival ini.

Isshoni Tanoshimimasou juga dimeriahkan dengan berbagai lomba-lomba untuk umum seperti pidato bahasa jepang, roudoku (teka-teki jepang), shoudou (kaligrafi jepang), manga, doujinshi, karaoke, band dan yang paling menarik adalah cosplay.

“Acara hari ini sampai jam 10 malam. Acara terakhir dan sebagai puncak ada pelepasan lampion, hanabi (kembang api) dan penampilan Guest Star”, ujar Hana selaku panitia divisi humas. Guest Star dari acara ini diantaranya adalah Obake Band dari Jakarta dan Alison dari Bali.

“Event utamanya itu menarik pengunjung menarik pengunjung, terutama tempat makanan dan merchandise-nya, meski dirasa kurang tertata rapi.” Ucap Wafa, mahasiswa pengunjung Isshoni Tanoshimimasou. Sebagai pengunjung, ia juga berharap agar kedepannya acara yang demikian besar bisa lebih tertata dan tidak menimbulkan kemacetan dalam wilayah Universitas Brawijaya. (ika/agm/miy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.