one_flew_over_the_cuckoos_nest_ver1

Oleh:Muhammad Iqbal Yunazwardi

Bagaimana ketika orang-orang yang mempunyai penyakit jiwa dan mental menyamakan persepsi tentang keadaan yang ada? Melakukan gerakan yang diberikan kepada institusi bernama rumah sakit jiwa dan mulai memberontak terhadap otoritas tertinggi rumah sakit itu yang berperilaku otoriter dan terkesan merepresi tindakan-tindakan yang sebenarnya alamiah dilakukan oleh pasien yang terkena penyakit mental dan Jiwa. Mungkin anda harus menonton film ini. Film peraih 5 titel oscar sekaligus ini mengajak para penonton untuk mengenali bagaimana keadaan pasien-pasien yang bermasalah dengan kejiwaannya berhadapan dengan ketidakmampuan Rumah sakit tersebut menangani keadaan depresi dan perlakuan yang tidak seharusnya dilakukan oleh dokter da perawat rumah sakit tersebut.

One Flow Over The Cuckoo’s Nest sendiri adalah film produksi ada tahun 1975 dengan garapan dari sutradara Jenius , Milos Forma.Ia membawa penonton untuk memperlihatkan bagaimana kondisi rumah sakit jiwa yang tidak memperhatikan hak pasiennya, tapi tanpa perlu terlihat depresif dan keras. Diperankan oleh Jack Nicholson sebagai Randle McMurphy . Randle ditangkap atas tuduhan pemerkosaan dan tindak kekerasan terhadap gadis berusia 15 tahun. Untuk menghindari hukuman di penjara, McMurphy memilih untuk pura-pura gila, dan akhirnya dikirim ke sebuah Rumah Sakit Jiwa untuk dilakukan pemeriksaan dan observasi apakah dirinya benar-benar gila. McMurphy yang disana terpaksa menghadapi orang-orang gila akhirnya mau tidak mau harus ikutan menjadi “gila” untuk bisa membaur sekaligus untuk meyakinkan pihak rumah sakit bahwa dirinya benar-benar gila.

Dengan melihat keadaan rumah sakit jiwa tersebut, tergerak lah niat dari Randle untuk mencoba mengubah nasib dari para teman-temannya di rumah sakit jiwa tersebut. Dimulai dari membawa persoalan pasien dalam sebuah Public Hearing, Menyeruakan Hak dan Melakukan Pemberontakan dari skala kecil sampai besar. Film ini ada sebuah film komedi natural yang begitu renyah untuk ditonton, Penasaran bagaimana orang-orang yang mempunyai permasalah dengan kejiwaannya melakukan revolusi? Film ini adalah jawabannya

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.