cover film 20 feet from stardom.dok:imdb.com
cover film 20 feet from stardom.dok:imdb.com

 Oleh: Aulia Nabila

Genre                          : dokumenter, musik

Sutradara                    : Morgan Neville

Produser                     : Gil Friesen, Caitrin Rogers

Rumah Produksi       : Tremolo Productions, Gil Friesen Productions

Distributor                  : RADiUS-TWC

Tanggal Rilis               : 14 Juni 2013 (Amerika Serikat)

Durasi                          : 90 menit

Negara                        : Amerika Serikat

Bahasa                        : Inggris

Dalam sebuah pertunjukan musik, kemanakah biasanya lampu sorot akan tertuju? Tentu kepada penyanyi utama dalam pertunjukan itu. Namun pernahkah kita sedikit mengalihkan pandangan ke samping panggung, tempat para penyanyi pengiring berbaris, menari, dan mendendangkan harmoni indah yang punya andil besar dalam menyempurnakan penampilan si penyanyi utama itu sendiri?

Darlene Love, Merry Clayton, Lisa Fischer, Tata Vega, dan Judith Hill adalah beberapa dari sekian banyak bakat ajaib yang hanya bisa menjangkau sisi samping panggung itu selama hidup mereka. Bakat-bakat mereka yang luar biasa pun diakui oleh para superstar seperti Mick Jagger, Sting, dan Stevie Wonder yang dapat anda saksikan sendiri di sesi wawancara mereka dalam dokumenter ini.

Film ini menceritakan tentang perjalanan karir para penyanyi pengiring atau backing singer para superstar dari masa ke masa. Dalam film ini ditampilkan wawancara dan perjalanan menuju kenangan masa lalu bersama para penyanyi veteran seperti Darlene Love, Merry Clayton, dan Lisa Fischer, serta wawancara bersama banyak penyanyi-penyanyi pengiring lain yang masih aktif dalam karir mereka. Dalam film ini ditunjukkan kecintaan mereka yang besar terhadap menyanyidan bagaimana mereka pun harus melalui cobaan-cobaan untuk hanya bertahan ataupun mencapai puncak di dunia musik yang sesungguhnya. Salah satunya diceritakan di sini Judith Hill, mantan penyanyi pengiring Michael Jackson yang melalui masa sulit setelah kematian mendadak dari bintang pop itu.

Walaupun disini sempat disinggung isu-isu yang berkembang pada waktu itu seperti isu rasial (bagaimana para penyanyi kulit hitam ini membedakan diri mereka dengan penyanyi kulit putih) dan isu-isu di masa Perang Saudara (Civil War), film ini akan membuka mata anda bahwa dunia hiburan merupakan dunia yang kompleks. Untuk mencapai puncaknya,tak cukup hanya melibatkan talenta, namun juga hal-hal lainnya seperti bisnis dan satu hal yang tak cukup para penyanyi ini dapatkan: keberuntungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.