Dari Siswa Ke Mahasiswa

Beralaskan karpet merah, maba PKH antusias ikuti jalannya acara
Beralaskan karpet merah, maba PKH antusias ikuti jalannya acara

MALANG – KAV10.   Rabu (3/9) bertempat di lapangan depan dekanat gedung A Program Kedokteran Hewan (PKH) diselenggarakan apel PK2MABA, mulai pukul 06.00 WIB. Setelah apel, 150 mahasiswa baru (Maba) dan lima mahasiswa lama memasuki tenda biru yang telah disediakan untuk mengikuti acara PK2MABA.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengubah karakter siswa menjadi mahasiswa, seperti yang disampaikan oleh Koordinator Pelaksana  Teknis dari mahasiswa, Algriawan Bayu, “kalau tema besar kita itu membentuk mahasiswa berkarakter berwawasan veteriner”. Acara ini dilaksanakan oleh panitia yang terdiri dari dosen dan mahasiswa. “Kepanitiaan dari kalangan dosen dibentuk satu bulan yang lalu dan mahasiswa sudah punya konsep yang matang dari tiga bulan sebelumnya,” kata Analis Wisnu Wardhana, Ketua Pelaksana dari dosen.

Hari pertama diisi acara Orientasi Pendidikan (Ordik) dari kalangan dosen dan Orientasi Mahasiswa (Ormawa) dari mahasiswa yang akan dilaksanakan besok. Kepanitiaan yang sekarang ini dalam pelaksanaannya merupakan hal baru bagi PKH. Menurut Analis Wisnu Wardhana mengungkapkan, “konsep baru ini dilaksanakan karena di luar ada serangkaian peristiwa kekerasan yang sudah kita ketahui, yang membuat konsep awal dari Ordik dan Ormawa ini harus diluruskan, maka tahun ini kita sepakat untuk meluruskan kembali konsep Ordik dan Ormawa, sehingga keterlibatan dosen disini lebih dominan sebagai panitia”.

Diungkapkan pula bahwa ada 22 panitia berasal dari mahasiswa dan 56 dari dosen. Hal senada diungkapkan oleh Bayu, “SK Rektor turun lama, panitia 10% dari jumlah Maba, sementara atasan tidak ingin melangkahi SK. Sehingga dibentuk kepanitiaan seperti ini”.

Sementara panitia mahasiswa mengeluhkan bahwa belum memiliki ruangan yang layak. “Belum punya ruangan yang besar dan kita belum punya lapangan lain, sehingga kita pakai lapangan (depan Gedung B, red.) ini”, ungkap Bayu. (arp/hbs/ijl/ely)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.