MALANG.KAV.10 Meski beberapa kantor pemerintahan dan swasta meliburkan para pegawainya, para pekerja lapangan di terminal dan stasiun masih tetap bekerja melayani masyarakat.

Terminal Arjosari dan Stasiun KA Malang merupakan pintu masuk darat masyarakat luar Malang. Intensitas penumpang di kedua tempat ini selalu ramai dengan orang-orang yang hendak pergi maupun datang ke Malang. Karena itu, tidak ada pilihan libur bagi mereka, pekerja lapangan di terminal dan stasiun.

Tugas para pekerja lapangan ini tidak berbeda dari hari biasanya meski hari ini merupakan hari pencoblosan calon legislatif kota Malang. “Petugas lapangan di terminal masih tetap bekerja, tetapi para pejabat fungsional memang libur,” ujar Joko Santoso, Pengawas dan Pengendali Keberangkatan Bus Terminal Arjosari.

Joko juga tampak sibuk mengatur banyak bus yang masuk dan keluar dari terminal Arjosari. Pemilihan umum (Pemilu) hari ini (9/4) tidak mengurangi jumlah armada bus yang masuk dan keluar terminal. Dampak yang dirasakan, lebih kepada menurunnya jumlah calon penumpang. “Armada bus tetap normal meski para calon penumpang menurun dari hari biasanya,” tambah dia.

Para petugas dan pegawai Stasiun KA Malang juga tetap bekerja seperti biasa. Pemilu hari ini tidak menjadi hari libur untuk mereka. Petugas loket dan penjaga pintu masuk peron masih tetap melayani masyarakat yang menggunakan jasa Kereta Api.

Mereka membagi waktu agar dapat menggunakan hak pilih tanpa harus mengganggu pekerjaan mereka. “Untuk yang masuk shift siang mencoblos pada pagi hari dan yang masuk shift pagi nanti mencoblos siang harinya,” ujar Bahar, Supervisor Komersial Stasiun KA Malang.

Bahar juga menambahkan tidak ada penambahan waktu istirahat karena pemilu. “Jadi semua sudah mengatur waktu dan bisa menggunakan hak pilihnya. Saya juga sebentar lagi akan mencoblos,” tambah dia.

Bekerja setiap hari melayani masyarakat yang keluar dan masuk kota Malang, tidak menyurutkan niat para pekerja lapangan ini untuk menggunakan hak pilih mereka. Asal sudah bisa mengatur waktu dengan baik, lima menit mencoblos tidak  terlalu mengganggu pekerjaan mereka. (eff/ain)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.