SPS : GOES TO CAMPUS 2014

Para peserta sedang mengikuti kuliah tamu SPS (Serikat Perusahaan Pers ). (Dok. Alvinia)
Para peserta sedang mengikuti kuliah tamu SPS (Serikat Perusahaan Pers ). (Dok. Alvinia)

MALANG-KAV.10 Serikat Perusahaan Pers (SPS) merupakan wadah berkumpulnya para penerbit pers yang telah berdiri sejak tanggal 8 Juni 1946 di Yogyakarta. Pada tanggal 28 Maret 2014 kemarin, SPS mengadakan Roadshow SPS Goes To Campus (SGTC) yang bertempat di Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) B lantai 7. SGTC 2014 ini terdiri dari dua acara, yakni workshop dan talkshow. Workshop dengan tema Buka Mata Mari Bekerja di Media” dimulai pukul 08.30 – 11.30. Pukul 14.00 – 17.00 acara dilanjutkan kembali dengan talkshow mengenai “Berkarir di Media sebagai Travel Writer”.

Acara yang terbuka untuk umum ini mendapat respon yang baik dengan dihadirinya peserta yang melebihi kuota seharusnya, terutama pada saat workshop. Roadshow yang diadakan ini bertujuan untuk menginformasikan pada mahasiswa bagaimana bekerja di media dan tentunya mengenalkan SPS itu sendiri, agar masyarakat itu tahu bahwa ada organisasi yang memang dibentuk untuk menaungi perusahaan pers, karena selama ini yang diketahui hanyalah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) yang memang untuk mengakomodasi jurnalis saja.

“Bekerja di media itu nggak hanya jadi jurnalis ya. Di SPS sendiri sangat welcome sama mahasiswa yang mau magang ke kita dan tentunya dengan jurusan apapun, contohnya kemarin ada mahasiswa jurusan Psikologi dari UNJ dan Hukum dari UGM magang ke kita. Jadi di media itu menyediakan berbagai posisi yang bisa dikerjakan, disamping jurnalis atau wartawan”, jelas Ike Yuningsih, selaku Koordinator Program SPS saat diwawancari.

Narasumber yang dihadirkan pun sangat ahli dibidangnya, pemateri workshop yakni Sururi Alfaruq sebagai Pemimpin Redaksi Koran Sindo, Sunavip Ra Indrata sebagai Pemimpin Redaksi Malang Post. Sedangkan talkshow menghadirkan Travel Writer & Photographer; Founder Komunitas “Penulis Pengelana”; Editor in-Chief Kalstar in-flight magazine; Penulis buku “Travel Writer Diaries 1.0, yakni Teguh Sudarisman sebagai pembicara.

“Baru pertama ini sih peserta kita itu mahasiswa, karena biasanya kalau kita ngadain roadshow pesertanya itu anak SMA atau memang orang yang udah bekerja di media. Ya kita seneng, karena selain peserta yag datang melebihi target, mereka ternyata juga aktif buat tanya ke pembicara, jadi sehabis acara ini mereka ada bekal yang bermanfaat buat mereka juga nantinya kalau bekerja di media”, tambah Ike.

Roadshow di Malang ini juga sebagai kick off  atau pembuka rangkaian roadshow tahun 2014 yang akan diadakan di 10 kampus di 10 kota yang ada di Indonesia. SPS sudah mengadakan roadshow tahunan sebanyak 3 kali sejak 2011 lalu, dan untuk di Malang sendiri baru diadakan sejak tahun 2012. (al)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.